Pengaruh Ketepatan Dana, Kecukupan Dana dan Sasaran Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Di Kabupaten Jember (Accuracy, Adequacy and the Target of School Operational Relief Fund to Increase Junior Student's Perfomance In Jember Region)

E-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 2015 Volume 2 (1):23-28

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: Sugiono, Risca Kurniasari Agus (Author), Andiana, Andiana (Author), Kurrohman, Taufik (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-05-02T03:16:30Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:E-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 2015 Volume 2 (1):23-28
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ketepatan, kecukupan dan sasaran dana Bantuan Operasional Sekolah berpengaruh terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Di SMP Se-Kecamatan Kaliwates, Sumbersari Dan Patrang Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan datanya adalah kuesioner. Sedangkan untuk metode analisis datanya adalah penelitian ini dilakukan menggunakan analisis statistic deskriptif dan uji kualitas data yang digunakan untuk mengukur kualitas data menggunakan uji reliabilitas dan uji validitas serta peneliti menggunakan uji asumsi klasik. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda, koefisisen determinasi, uji F dan uji t. Dalam penelitian ini menggunakan 14 sampel SMP se-Kecamatan Kaliwates, Sumbersari dan Patrang. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan hasil uj regresi , variable ketepatan dana tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar murid dengan koefisien 0,287. Pada variable kecukupan dana, hasil uji regresi menunjukkan variable kecukupan dana berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar murid dengan koefisien 0,209. Sedangkan pada variable sasaran penggunaan dana BOS menunjukkan hasil variable sasaran penggunaan dana berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar murid dengan koefisien 0,260.
Item Description:2355-4665
http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85643