PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TINDAK TUTUR GURU PADA PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMPN 4 JEMBER

Pendidikan karakter adalah pendidikan yang menanamkan nilai-nilai positif pada diri peseta didik dengan tujuan dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Guru sebagai pendidik memiliki peran penting dalam mengembangkan pendidikan karakter, termasuk melalui tindak tuturnya. Tindak tutu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Sari, Ike Tiara (Author)
Other Authors: Sukatman (Contributor), Edi, Bambang (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2018-05-04T00:59:29Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02382 am a22002053u 4500
001 repository_unej_123456789_85667
042 |a dc 
100 1 0 |a Sari, Ike Tiara  |e author 
100 1 0 |a Sukatman  |e contributor 
100 1 0 |a Edi, Bambang  |e contributor 
245 0 0 |a PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TINDAK TUTUR GURU PADA PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMPN 4 JEMBER 
260 |c 2018-05-04T00:59:29Z. 
500 |a NIM 100210402052 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85667 
520 |a Pendidikan karakter adalah pendidikan yang menanamkan nilai-nilai positif pada diri peseta didik dengan tujuan dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Guru sebagai pendidik memiliki peran penting dalam mengembangkan pendidikan karakter, termasuk melalui tindak tuturnya. Tindak tutur guru dalam proses pembelajaran sangat berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa, merangsang perubahan tingkah laku dan memberikan pengalaman berbahasa bagi siswa. Diperlukan suatu strategi dan tuturan yang bermakna untuk memberikan pemahaman dan pemodelan karakter positif kepada peserta didik. Pendidikan karakter pada tindak tutur terdapat dalam makna-makna tuturan yang dilontarkan guru pada proses pembelajaran baik berupa tuturan langsung maunpun tidak langsung. Begitu juga dengan strategi yang digunakan guru dalam bertindak tutur, strategi yang dimaksud adalah cara yang gunakan guru untuk menyampaikan suatu maksud agar mudah dipahami oleh peserta didik dan diterima sebagai pemodelan positif agar peserta didik bukan hanya memahami melainkan juga meneladani. Penelitian ini mengkaji tentang pendidikan karakter dalam tindak tutur guru pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 4 Jember. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1)Bagaimanakah pendidikan karakter religius dalam tindak tutur guru Bahasa Indonesia di SMPN 4 Jember? (2)Bagaimanakah pendidikan karakter kedirian dalam tindak tutur guru Bahasa Indonesia di SMPN 4 Jember? (3)Bagaimanakah pendidikan karakter sosial dalam tindak tutur guru Bahasa Indonesia di SMPN 4 Jember? (4)Bagaimanakah pendidikan karakter peduli lingkungan dalam tindak tutur guru. 
546 |a id 
690 |a TINDAK TUTUR GURU 
655 7 |a Undergraduat Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85667 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85667  |z Get Fulltext