PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TINDAK TUTUR GURU PADA PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMPN 4 JEMBER
Pendidikan karakter adalah pendidikan yang menanamkan nilai-nilai positif pada diri peseta didik dengan tujuan dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Guru sebagai pendidik memiliki peran penting dalam mengembangkan pendidikan karakter, termasuk melalui tindak tuturnya. Tindak tutu...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Other Authors: | , |
Format: | Academic Paper |
Published: |
2018-05-04T00:59:29Z.
|
Subjects: | |
Online Access: | Get Fulltext |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
LEADER | 02382 am a22002053u 4500 | ||
---|---|---|---|
001 | repository_unej_123456789_85667 | ||
042 | |a dc | ||
100 | 1 | 0 | |a Sari, Ike Tiara |e author |
100 | 1 | 0 | |a Sukatman |e contributor |
100 | 1 | 0 | |a Edi, Bambang |e contributor |
245 | 0 | 0 | |a PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TINDAK TUTUR GURU PADA PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMPN 4 JEMBER |
260 | |c 2018-05-04T00:59:29Z. | ||
500 | |a NIM 100210402052 | ||
500 | |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85667 | ||
520 | |a Pendidikan karakter adalah pendidikan yang menanamkan nilai-nilai positif pada diri peseta didik dengan tujuan dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Guru sebagai pendidik memiliki peran penting dalam mengembangkan pendidikan karakter, termasuk melalui tindak tuturnya. Tindak tutur guru dalam proses pembelajaran sangat berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa, merangsang perubahan tingkah laku dan memberikan pengalaman berbahasa bagi siswa. Diperlukan suatu strategi dan tuturan yang bermakna untuk memberikan pemahaman dan pemodelan karakter positif kepada peserta didik. Pendidikan karakter pada tindak tutur terdapat dalam makna-makna tuturan yang dilontarkan guru pada proses pembelajaran baik berupa tuturan langsung maunpun tidak langsung. Begitu juga dengan strategi yang digunakan guru dalam bertindak tutur, strategi yang dimaksud adalah cara yang gunakan guru untuk menyampaikan suatu maksud agar mudah dipahami oleh peserta didik dan diterima sebagai pemodelan positif agar peserta didik bukan hanya memahami melainkan juga meneladani. Penelitian ini mengkaji tentang pendidikan karakter dalam tindak tutur guru pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 4 Jember. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1)Bagaimanakah pendidikan karakter religius dalam tindak tutur guru Bahasa Indonesia di SMPN 4 Jember? (2)Bagaimanakah pendidikan karakter kedirian dalam tindak tutur guru Bahasa Indonesia di SMPN 4 Jember? (3)Bagaimanakah pendidikan karakter sosial dalam tindak tutur guru Bahasa Indonesia di SMPN 4 Jember? (4)Bagaimanakah pendidikan karakter peduli lingkungan dalam tindak tutur guru. | ||
546 | |a id | ||
690 | |a TINDAK TUTUR GURU | ||
655 | 7 | |a Undergraduat Thesis |2 local | |
787 | 0 | |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85667 | |
856 | 4 | 1 | |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85667 |z Get Fulltext |