Pengaruh Business Centre dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Jurusan Pemasaran SMKN 1 Jember

Tuntutan peran dan fungsi SMK dalam menciptakan lulusan yang berkompeten dan memiliki relevansi yang tinggi sesuai dengan tujuan SMK masih belum dapat diwujudkan dengan baik. Realita menunjukan lulusan SMK menjadi pengangguran terbuka paling tinggi. Sehingga perlu adanya upaya dalam menumbuhkan dan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RAHAYU, Sri wahyuni diyah (Author)
Other Authors: Zulianto, Mukhamad (Contributor), Sedyati, Retna Ngesti (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2018-10-01T04:59:51Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02733 am a22002173u 4500
001 repository_unej_123456789_87508
042 |a dc 
100 1 0 |a RAHAYU, Sri wahyuni diyah  |e author 
100 1 0 |a Zulianto, Mukhamad  |e contributor 
100 1 0 |a Sedyati, Retna Ngesti  |e contributor 
245 0 0 |a Pengaruh Business Centre dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Jurusan Pemasaran SMKN 1 Jember 
260 |c 2018-10-01T04:59:51Z. 
500 |a 140210301048 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87508 
520 |a Tuntutan peran dan fungsi SMK dalam menciptakan lulusan yang berkompeten dan memiliki relevansi yang tinggi sesuai dengan tujuan SMK masih belum dapat diwujudkan dengan baik. Realita menunjukan lulusan SMK menjadi pengangguran terbuka paling tinggi. Sehingga perlu adanya upaya dalam menumbuhkan dan meningkatkan keterampilan siswa SMK agar lebih siap dalam menghadapi dunia kerja. Salah satunya dengan mengajarkan dan menanamkan minat kewirausahaan pada diri siswa. Minat berwirausaha dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu faktor internal dan faktor ekternal. Salah satunya adalah fasilitas business centre dan efikasi diri. Seseorang yang memiliki efikasi yang tinggi akan memiliki ketertarikan dalam berwirausaha dan mampu melakukan tugas berwirausaha dengan tekun dan siap menghadapi rintangan dalam berwirausaha. Sedangkan business centre merupakan wadah pembelajaran bagi siswa untuk mendapatkan pengalaman langsung mengenai kegiatan bisnis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh business centre dan efikasi diri terhadap minat berwirausaha siswa jurusan pemasaran SMKN 1 Jember dan menemukan variabel yang lebih dominan mempengaruhi minat berwirausaha siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas X Jurusan Pamasaran SMKN 1 Jember sebanyak 144 siswa. Sampling yang digunakan yaitu teknik proposional random sampling. Jumlah sampel yang digunakan adalah 60 responden dan analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukan bahwa business centre dan efikasi diri memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa SMKN 1 Jember sebesar 73,2% dan sisanya sebesar 26,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, Variabel yang dominan mempengaruhi minat adalah efikasi diri yaitu sebesar 45,2% sedangkan business centre 28%. 
546 |a id 
690 |a BUSINESS CENTRE 
690 |a EFIKASI DIRI 
655 7 |a Undergraduat Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87508 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87508  |z Get Fulltext