Penerapan Metode Concept Sentence Berbantuan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Siswa Kelas III SDN Bintoro 02 Jember

Menulis merupakan kegiatan menyampaikan pesan dengan menggunakan simbol-simbol bahasa tulis agar pesan yang disampaikan dapat dipahami oleh pembaca. Dalam KTSP salah satu kemampuan menulis yang harus dikuasai siswa pada kelas III semester 2 adalah menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri m...

Ausführliche Beschreibung

Gespeichert in:
Bibliographische Detailangaben
1. Verfasser: Indri, Garnis Aprilia (VerfasserIn)
Weitere Verfasser: Suhartiningsih (MitwirkendeR), Agustiningsih (MitwirkendeR)
Format: Academic Paper
Veröffentlicht: 2018-12-03T21:49:28Z.
Schlagworte:
Online Zugang:Get Fulltext
Tags: Tag hinzufügen
Keine Tags, Fügen Sie den ersten Tag hinzu!
LEADER 04777 am a22002293u 4500
001 repository_unej_123456789_88904
042 |a dc 
100 1 0 |a Indri, Garnis Aprilia  |e author 
100 1 0 |a Suhartiningsih  |e contributor 
100 1 0 |a Agustiningsih  |e contributor 
245 0 0 |a Penerapan Metode Concept Sentence Berbantuan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Siswa Kelas III SDN Bintoro 02 Jember 
260 |c 2018-12-03T21:49:28Z. 
500 |a 140210204051 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88904 
520 |a Menulis merupakan kegiatan menyampaikan pesan dengan menggunakan simbol-simbol bahasa tulis agar pesan yang disampaikan dapat dipahami oleh pembaca. Dalam KTSP salah satu kemampuan menulis yang harus dikuasai siswa pada kelas III semester 2 adalah menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital, dan tanda titik. Dalam pembelajaran menulis karangan, sebelumnya siswa diharapkan mampu mengembangkan kemampuan dalam membuat paragraf. Hal tersebut dikarenakan paragraf merupakan bagian terkecil karangan yang terdiri atas kalimat-kalimat yang saling berhubungan satu sama lain dan mendukung satu ide pokok. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi kelas III SDN Bintoro 02 Jember, siswa mengalami kesulitan dalam menulis atau membuat karangan. Hal ini terlihat ketika siswa diminta untuk menulis paragraf dan mendeskripsikan sesuatu, siswa kesulitan dalam menuangkan ide atau gagasan ke dalam bentuk tulisan. Untuk mengatasi berbagai kendala tersebut dibutuhkan suatu metode pembelajaran efektif yang sesuai dengan materi pembelajaran agar siswa dapat lebih termotivasi untuk menulis. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis siwa adalah metode concept sentence dan penggunaan media gambar seri. Terkait dengan latar belakang tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penerapan metode concept sentence berbantuan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas III SDN Bintoro 02 Jember; (2) bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa kelas III SDN Bintoro 02 Jember melalui penerapan metode concept sentence berbantuan media gambar seri. x Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan penerapan metode concept sentence berbantuan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas III SDN Bintoro 02 Jember, (2) untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa kelas III SDN Bintoro 02 Jember melalui penerapan metode concept sentence berbantuan media gambar seri. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Bintoro 02 Jember dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas III yang berjumlah 32 siswa, terdiri atas 18 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan metode concept sentence berbantuan media gambar seri yang dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa kelas III SDN Bintoro 02 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 yaitu : (1) guru membiasakan siswa untuk berkomunikasi menggunakan Bahasa Indonesia pada saat kegiatan pembelajaran, (2) guru membimbing siswa untuk saling bekerja sama dan bertukar pikiran dalam kelompok, (3) guru memberikan contoh penggunaan ejaan dan huruf kapital, (4) guru melibatkan siswa secara langsung dalam memberikan contoh menulis kalimat dengan menggunakan struktur kalimat yang tepat. Terkait dengan penerapan metode concept sentence berbantuan media gambar seri, peningkatan persentase kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa secara klasikal dari pra siklus ke siklus I meningkat sebesar 6,09% dari 64,09% dalam kriteria cukup menjadi 70,18% dalam kriteria baik. Peningkatan persentase juga terjadi dari siklus I ke siklus II dengan persentase sebesar 4,62% dari 70,18% dalam kriteria baik menjadi 74,80% dalam kriteria baik. Adapun saran dari penelitian ini yang dapat diberikan kepada guru yaitu metode concept sentence berbantuan media gambar seri dapat dijadikan bahan pertimbangan variasi metode dalam kegiatan pembelajaran. Bagi peneliti lain, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi terhadap penelitian berikutnya. 
546 |a id 
690 |a Metode Concept Sentence 
690 |a Media Gambar Seri 
690 |a Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi 
655 7 |a Undergraduat Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88904 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88904  |z Get Fulltext