Strategi Jejaring untuk Meningkatkan Akses Pasar pada UKM Nagud Banyuwangi

Perkembangan kehidupan bermasyarakat memiliki kebutuhan dan keinginan yang sangat beragam dan kompleks, menjadikan Usaha Kecil Menengah (UKM) salah satu sektor yang mampu menjawab permasalahan ekonomi yang terjadi terutama di Indonesia salah satunya untuk mengurangi kemiskinan dan mengubah status so...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HUDA, Yusfi Nur (Author)
Other Authors: WAHYUDI, Edy (Contributor), SASONGKO (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2019-01-08T07:21:03Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04045 am a22002533u 4500
001 repository_unej_123456789_89359
042 |a dc 
100 1 0 |a HUDA, Yusfi Nur  |e author 
100 1 0 |a WAHYUDI, Edy  |e contributor 
100 1 0 |a SASONGKO  |e contributor 
245 0 0 |a Strategi Jejaring untuk Meningkatkan Akses Pasar pada UKM Nagud Banyuwangi 
260 |c 2019-01-08T07:21:03Z. 
500 |a 140910202019 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89359 
520 |a Perkembangan kehidupan bermasyarakat memiliki kebutuhan dan keinginan yang sangat beragam dan kompleks, menjadikan Usaha Kecil Menengah (UKM) salah satu sektor yang mampu menjawab permasalahan ekonomi yang terjadi terutama di Indonesia salah satunya untuk mengurangi kemiskinan dan mengubah status sosial masyarakat. Peran UKM dalam mementaskan kemiskinan, meningkatkan pendapatan serta penyerapan tenaga kerja tentu berpengaruh bagi kondisi perekonomian Indonesia. Tetapi dalam perkembangannya, kompetisi dalam UKM semakin menarik sehingga dalam mengelolanya harus memperhatikan komponen-komponen yang mempengaruhi usaha tersebut dalam perjalanannya. Strategi jejaring saat ini sangat relevan dalam menjalankan usaha, dunia yang serba terhubung satu sama lain mengakibatkan usaha harus menyesuaikan kondisi saat ini, penguatan akses pasar diperlukan untuk mempertahankan pelanggan yang setia, dan menambah pelanggan melalui konsumen yang beberapa kali bertransaksi jual beli dalam usaha tersebut. Nagud Banyuwangi merupakan usaha kecil yang bergerak pada oleh oleh kaos khas daerah Banyuwangi, produk yang di hasilkan adalah kaos berbagai ukuran diperuntukkan untuk segala umur, dan target konsumen adalah lingkungan pendidikan, masyarakat umum, dan turis yang berkunjung ke wisata Banyuwangi konsep limited edition menjadikan produk Nagud tidak memiliki stok banyak. Usaha ini memiliki misi untuk turut serta mengenalkan budaya khas Banyuwangi yang dituangkan dalam kaos. Usaha Nagud dalam menjalankan bisnisnya mempunyai keinginan untuk bisa menyusur konsumen baik lokal maupun turis yang sempat berwisata di Banyuwangi. Hal tersebut membuat strategi jejaring dan penguatan akses pasar diperlukan untuk menunjang pelebaran sayap bisnisnya, menjadikan produsen dalam menjalankan tujuan bisnisnya. Tujuan yang ingin di capai oleh peneliti adalah untuk mengetahui bagaimana strategi jejaring untuk penguatan akses pada Nagud Banyuwangi. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif kualitatif. Tahap analisis data menggunakan domain dan taksonomi dengan penentuan informan melalui key informan, penarikan kesimpulan yang dilakukan secara induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tujuh komponen dari strategi jejaring untuk meningkatkan akses pasar konsumen yang terjadi dalam usaha Nagud, yaitu terdapat konsumen yang aktif ikut serta memasarkan produk Nagud kepada rekan atau teman lainnya, konsumen tersebut baik secara individu maupun sudah berkelompok, terjadinya kesepakatan yang dilakukan oleh pihak Nagud dengan konsumen dalam hal ikut memasarkan produk tersebut, seperti uang komisi 10%-15% di setiap pembeliannya, strategi online dan offline juga terjadi dalam Nagud, seperti penerapan media sosial, dan ikut serta memeriahkan pameran yang diadakan oleh pemerintah daerah, bekerja sama dengan komponenkomponen yang relevan dengan Usaha Nagud, seperti bertukar produk dengan UKM aksesoris, UKM batik, sampai UKM sesama produk kaos, dalam hal pengiriman produk, Nagud berkolaborasi dengan kantor pos setempat. Penelitian dilaksanakan sesuai surat ijin penelitian dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Jember No. 772/UN25.3.1/LT/2018 
546 |a id 
690 |a Administrasi Bisnis 
690 |a Manajemen Pemasaran 
690 |a New Wave Strategy 
690 |a Internet Marketing 
690 |a Usaha Kecil Menengah 
655 7 |a Undergraduat Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89359 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89359  |z Get Fulltext