Pengaruh Penerapan Media Edmodo terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS SMAN 1 Srono

Proses pembelajaran sejarah di sekolah masih menggunakan metode pembelajaran konvensional. Studi pendahuluan yang telah dilakukan di SMAN 1 Srono diperoleh nilai mata pelajaran sejarah berdasarkan nilai ujian tengah semester. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka perlu dilakukan peningkatan kualitas...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HAPSARI, Meinda Ratih Siwi (Author)
Other Authors: NAI'IM, Mohammad (Contributor), SUMARNO (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2019-04-22T09:07:37Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Proses pembelajaran sejarah di sekolah masih menggunakan metode pembelajaran konvensional. Studi pendahuluan yang telah dilakukan di SMAN 1 Srono diperoleh nilai mata pelajaran sejarah berdasarkan nilai ujian tengah semester. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka perlu dilakukan peningkatan kualitas pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran edmodo. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) apakah ada pengaruh penerapan media edmodo terhadap motivasi belajar peserta didik; (2) apakah ada pengaruh penerapan media edmodo terhadap hasil belajar peserta didik; (3) apakah ada pengaruh motivasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk menganalisis pengaruh penerapan media edmodo terhadap motivasi belajar peserta didik; (2) untuk menganalisis pengaruh penerapan media edmodo terhadap hasil belajar peserta didik; (3) untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik. Manfaat penelitian ini adalah (1) untuk menambah pengetahuan serta wawasan mengenai media edmodo; (2) sebagai bahan untuk proses pembelajaran yang menarik serta untuk menambah motivasi; (3) sebagai bahan masukan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik; (4) sebagai referensi untuk penelitian yang berkaitan dengan penerapan media edmodo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dan menggunakan desain penelitian Pre Experimental Design dengan model One Group Pretest-Posttest Design yang sesuai dengan tujuan permasalahan dalam penelitian ini. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statisktik uji t dua sampel berhubungan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media edmodo terhadap motivasi belajar peserta didik diperoleh hasil thitung (15,118) > ttabel (2,03224) dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media edmodo terhadap hasil belajar peserta didik diperoleh hasil thitung (6,965) > ttabel (2,03224) dan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik diperoleh hasil thitung (7,667) > ttabel (2,032). Pengolahan data dilakukan dengan batuan aplikasi software SPSS versi 23 for windows. Hasil penelitian pengaruh penerapan media edmodo terhadap motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS di SMAN 1 Srono tahun pelajaran 2017/2018 menunjukkan hasil bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan penerapan media edmodo terhadap motivasi belajar peserta didik; (2) ada pengaruh yang signifikan penerapan media edmodo terhadap hasil belajar peserta didik; (3) ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan media edmodo dapat mempengaruhi secara signifikan terhadap motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik. Motivasi belajar peserta didik juga dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS di SMAN 1 Srono. Berdasarkan kesimpulan, saran dari peneliti adalah peserta didik dapat memahami dan melaksanakan pembelajaran sejarah yang menyenangkan dengan menggunakan media edmodo, pendidik dan calon pendidik diharapkan dapat mengembangkan pengetahuan dan memperluas wawasan dalam menggunakan media edmodo, sekolah diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menggunakan media edmodo, dan bagi peneliti lain diharapkan dapat mengembangkan untuk penelitian lebih lanjut yang berkaitan dengan media edmodo.
Item Description:130210302055
http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90590