Pengembangan Modul Fisika Materi Tumbukan Berbasis Gambar Proses untuk Pembelajaran Fisika di SMA

Sains bersifat induktif yaitu produk sains dibangun dari kajian kejadiankejadian khusus untuk digeneralisasi menjadi ketentuan umum. Salah satu cabang ilmu sains adalah fisika. Fisika merupakan proses dan produk. Proses artinya prosedur untuk menemukan produk fisika (fakta, konsep, prinsip, teori at...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Mi'rojiyah, Fajar Lailatul (Author)
Other Authors: Sutarto (Contributor), Mahardika, I Ketut (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2019-04-25T03:46:38Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02293 am a22002053u 4500
001 repository_unej_123456789_90656
042 |a dc 
100 1 0 |a Mi'rojiyah, Fajar Lailatul  |e author 
100 1 0 |a Sutarto  |e contributor 
100 1 0 |a Mahardika, I Ketut  |e contributor 
245 0 0 |a Pengembangan Modul Fisika Materi Tumbukan Berbasis Gambar Proses untuk Pembelajaran Fisika di SMA 
260 |c 2019-04-25T03:46:38Z. 
500 |a 150220104008 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90656 
520 |a Sains bersifat induktif yaitu produk sains dibangun dari kajian kejadiankejadian khusus untuk digeneralisasi menjadi ketentuan umum. Salah satu cabang ilmu sains adalah fisika. Fisika merupakan proses dan produk. Proses artinya prosedur untuk menemukan produk fisika (fakta, konsep, prinsip, teori atau hukum) yang dilakukan melalui langkah-langkah ilmiah. Fisika terdiri atas konsep-konsep. Konsep pada dasarnya mengategorisasikan sesuatu ke dalam penyajian non verbal, sehingga konsep cenderung bersifat abstrak sehingga kemampuan gambaran mental diperlukan. Materi tumbukan merupakan materi yang abstrak dalam fisika. Materi yang bersifat abstrak mengakibatkan siswa kesulitan untuk menelaah konsep tumbukan. Diperlukan gambar proses yang merupakan suatu gambar yang berisi rangkaian gambar-gambar, yang gambar satu dengan gambar selanjutnya merupakan rangkaian suatu proses perubahan suatu keadaan (benda, kejadian, atau fenomena untuk memudahkan siswa belajar konsep tumbukan yang abstrak. Mengemas gambar proses dalam sebuah modul bersifat self instructional yang merupakan bahan ajar cetak yang mandiri bagi siswa sesuai dengan karakter materi dan karakter siswa SMA yang mengharuskan mandiri. Sebuah modul akan bermakna, jika siswa dapat dengan mudah menggunakannya. Berdasarkan uraian tentang karakteristik materi tumbukan yang bersifat abstrak, maka dengan modul materi tumbukan berbasis gambar proses, diharapkan siswa dapat lebih memahami materi momentum, impuls, dan tumbukan. 
546 |a id 
690 |a Pengembangan Modul Fisika Materi Tumbukan Berbasis Gambar Proses untuk Pembelajaran Fisika di SMA 
655 7 |a Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90656 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90656  |z Get Fulltext