Analisis Kesalahan Kalimat pada Karangan Deskripsi Siswa Thailand di SMP Nurul Islam Jember

Pada keterampilan menulis, siswa diajarkan menulis karangan. Karangan adalah suatu karya berupa tulisan untuk mengungkapkan ide dan gagasannya. Salah satu karangan yang diajarkan di seskolah adalah karangan deskripsi. Karangan deskripsi selau ada dalam karangan yang lain, sehingga kemampuan menulis...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KALA, Nurisan (Author)
Other Authors: WIDJAJANTI, Anita (Contributor), HUSINAH, Furoidatul (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2019-05-07T06:37:21Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04297 am a22002413u 4500
001 repository_unej_123456789_90805
042 |a dc 
100 1 0 |a KALA, Nurisan  |e author 
100 1 0 |a WIDJAJANTI, Anita  |e contributor 
100 1 0 |a HUSINAH, Furoidatul  |e contributor 
245 0 0 |a Analisis Kesalahan Kalimat pada Karangan Deskripsi Siswa Thailand di SMP Nurul Islam Jember 
260 |c 2019-05-07T06:37:21Z. 
500 |a 140210402096 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90805 
520 |a Pada keterampilan menulis, siswa diajarkan menulis karangan. Karangan adalah suatu karya berupa tulisan untuk mengungkapkan ide dan gagasannya. Salah satu karangan yang diajarkan di seskolah adalah karangan deskripsi. Karangan deskripsi selau ada dalam karangan yang lain, sehingga kemampuan menulis teks deskripsi merupakan dasar yang harus dimiliki oleh orang apabila ingin terampil menulis. Pada keterampilan menulis karangan deskripsi, tidak menutup kemungkinan adanya kesalahan berbahasa yanng dilakukan oleh siswa Thailand khususnya kesalahan kalimat. Bentuk-nentuk kesalahan kalimat yang dibuat oleh siswa Thailand harus dikurangi sampai ke batas sekecil-kecilnya jika mungkin dihilangkan sama sekali. Dalam penulisan karangan deskripsi yang dibuat oleh siswa Thailand di SMP Nurul Islam Jember masih banyak ditemukan berbagai bentuk kesalahan kalimat. Berdasarkan hal ini, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Bentuk-bentuk kesalahan kalimat, (2) faktor yang penyebab terjadinya kesalahan kalimat dalam karangan deskripsi siswa Thailand di SMP Nurul Islam Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif, sedangkan rancangan penelitian adalah kualitatif. Data penelitian berupakan kalimat-kalimat yang menunjukan adanya bentuk kesalahan kalimat dalam karangan deskripsi siswa Thailand di SMP Nurul Islam Jember. Sumber data penelitian ini adalah karangan deskripsi siswa Thailand di SMP Nurul Islam Jember. Teknik pengumpulan data berupa penugasan, observasi dan wawancara. Teknik analisis data terdiri atas tiga hal, yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Instrumen penelitian berupa tabel pengumpul data dan tabel analisis data. Prosedur penelitian terdiri atas tiga tahap, yakni (1) tahap persiapan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap penyelesaian. Berdasarkan hasil dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa masih banyak kesalahan kalimat dalam karangan deskripsi siswa Thailand di SMP Nurul Islam Jember. Kesalahan kalimat pada karangan deskripsi siswa Thailand di SMP Nurul Islam Jember terjadi karena adanya (1) kalimat tidak ligis, (2) kalimat tidak cermat, (3) kalimat tidak padu, (4) kalimat rancu(kontaminasi kata), (5) kalimat tidak sejajar, (6) kalimat interferensi, (7) kalimat tidak hemat, (8) kalimat tidak gramatikal, (9) kalimat taksa (ambigu). Faktor penyebab kesalahan kalimat pada karangan deskripsi siswa Thailand di SMP Nurul Islam Jember terbagi atas dua faktor yaitu faktor internal dan ekternal. Faktor internal yang dimaksud meliputi kurangnya penguasaan kaidah kebahasaan dan kurangnya kesadaran siswa. Faktor ekternal berkaitan dengan penyebab penggunaan bahasa yang berasal dari lingkungan penggunaan bahasa. Salah satu faktor ekternal yang menyebabkan kesalahan kalimat pada karangan deskripsi yaitu adanya pengaruh bahasa yang lebih dikuasai yaitu bahasa ibu atau bahasa sehari-hari. Berdasarkan uraian di atas, dapat diberikan saran kepada guru hendaknya lebih memperhatikan kesalahan siswa khususnya siswa Thailand dalam penulis dengan cara mengoreksi buku tulis siswa agar tidak terjadi kesalahan yang berulang-ulang dan memberikan materi yang menarik mengenai penulisan karangan yang baik dan benar agar siswa tidak bosan dalam mengikuti pelajaran. Bagi peneliti lain, hendaknya hasil ini dapat dijadikan bahan pertimbangan serta masukan untuk mengadakan penelitian lanjutan dalam ruang lingkup yang lebih luas tidak hanya kesalahan berbahasa tataran kalimat. 
546 |a id 
690 |a Kalimat efektif 
690 |a Karangan deskripsi 
690 |a Siswa asing 
690 |a Pendidikan Bahasa Indonesia 
655 7 |a Undergraduat Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90805 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90805  |z Get Fulltext