Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Aritmetika Sosial Dalam Pembelajaran Berbasis Lesson Study for Learning Community Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis

Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi semua individu untuk mencapai suatu cita-cita (keinginan). Pendidikan di suatu negara terdiri atas berbagai macam ilmu, salah satunya adalah matematika. Dalam dunia pendidikan, matematika diajarkan pada setiap jenjang pendidikan, mulai pendidik...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Yunita, Nindya Wulan (Author)
Other Authors: Hobri (Contributor), Oktavianingtyas, Ervin (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-16T01:04:37Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi semua individu untuk mencapai suatu cita-cita (keinginan). Pendidikan di suatu negara terdiri atas berbagai macam ilmu, salah satunya adalah matematika. Dalam dunia pendidikan, matematika diajarkan pada setiap jenjang pendidikan, mulai pendidikan sekolah dasar hingga perguruan tinggi, sehingga diharapkan siswa dapat memiliki kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif. Berpikir kritis adalah salah satu kemampuan berpikir yang harus dimiliki oleh siswa, karena kemampuan ini dapat digunakan oleh siswa untuk lebih mendalami konsep mata pelajaran matematika itu sendiri. Selain itu, kemampuan berpikir kritis dapat digunakan siswa untuk menyelesaikan suatu masalah secara logis dan benar berdasarkan informasi yang ada. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pendeskripsian dilakukan dengan memberikan gambaran mengenai kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII-A SMP Negeri 4 Jember dalam menyelesaikan soal matematika berbasis LSLC ditinjau dari kecerdasan logis matematis tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kecerdasan logis matematis, RPP, LKS, tes kemampuan berpikir kritis, pedoman wawancara, dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil validasi semua instrumen penelitian tersebut baik dari segi konstruksi, isi, dan bahasa diperoleh nilai rata-rata berturut-turut adalah 2.926, 2.923, 2.9, 2.933, dan 2.904. Hasil tersebut menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah valid. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah data hasil tes kecerdasan logis matematis, RPP, LKS, tes kemampuan berpikir kritis, pedoman wawancara.
Item Description:150210101022
http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91831