Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Pokok Bahasan "Siklus Air"

Perkembangan teknologi informasi di era modern membuat ide dan inovasi dalam pembelajaran kian bervariasi. Saat ini peran teknologi banyak memberikan manfaat dalam pembelajaran, salah satunya media pembelajaran. Peran media pembelajaran dalam kurikulum 2013 sangat penting. Pada kurikulum 2013 guru d...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PRAYITNO, Anggi Nur (Author)
Other Authors: Nuriman (Contributor), Agustiningsih (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2019-09-04T04:45:31Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04514 am a22002173u 4500
001 repository_unej_123456789_92516
042 |a dc 
100 1 0 |a PRAYITNO, Anggi Nur  |e author 
100 1 0 |a Nuriman  |e contributor 
100 1 0 |a Agustiningsih  |e contributor 
245 0 0 |a Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Pokok Bahasan "Siklus Air" 
260 |c 2019-09-04T04:45:31Z. 
500 |a 150210204127 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92516 
520 |a Perkembangan teknologi informasi di era modern membuat ide dan inovasi dalam pembelajaran kian bervariasi. Saat ini peran teknologi banyak memberikan manfaat dalam pembelajaran, salah satunya media pembelajaran. Peran media pembelajaran dalam kurikulum 2013 sangat penting. Pada kurikulum 2013 guru ditekankan untuk merancang media pembelajaran yang dapat membuat siswa menjadi aktif. Pemilihan media pembelajaran tidak bisa sembarangan, ada beberapa materi yang hanya dapat menggunakan media gambar saja, contohnya seperti macam-macam sumber daya alam dan pelestarian hewan langka. Namun ada pula materi yang tidak cukup menggunakan gambar saja, contohnya seperti proses pencernaan manusia dan peredaran darah. Siklus air merupakan materi yang tidak mudah dipelajari karena pada materi ini terdapat suatu proses dimana perubahan partikel berlangsung di atmosfer bumi. Tentu hal ini tidak dapat diamati secara langsung oleh pancaindra sehingga berpengaruh pada proses pembelajaran. Akibatnya, siswa hanya bisa membayangkan dan tidak mendapatkan gambaran secara nyata mengenai siklus air. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran yang dapat memvisualisasikan proses siklus air kedalam bentuk animasi agar siswa mendapatkan gambaran secara nyata bagaimana proses siklus air. Salah satu cara untuk memvisualisasikan proses siklus air kedalam bentuk animasi yaitu dengan menggunakan multimedia pembelajaran interaktif. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah hasil pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis flash "Siklus Air" yang valid, menarik dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa multimedia pembelajaran interaktif berbasis flash "Siklus Air" yang valid menarik dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model penelitian pengembangan (R&D) oleh Borg and Gall. Penelitian ini terdiri dari 8 tahap, yaitu: (1) penelitian pendahuluan; (2) perencanaan dan pengembangan produk; (3) pengembangan desain produk awal; (4) validasi desain produk; (5) revisi desain produk awal; (6) uji coba penggunaan; (7) revisi desain produk; dan (8) uji coba keefektifan. Tahap produksi massal dan diseminasi produk tidak dilakukan karena keterbatasan kemampuan, biaya, dan waktu penelitian. Hasil analisis data validasi media pembelajaran oleh validator menunjukkan hasil yang baik dan valid dengan rerata skor Va sebesar 4,59 dengan persentase kelayakan media sebesar 91,8 % dengan kategori sangat layak. Hal tersebut menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif "Siklus Air" yang dikembangkan adalah valid dan layak untuk digunakan sebagai media dalam kegiatan pembelajaran. Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif "Siklus Air" efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran, dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang meningkat secara signifikan. Berdasarkan perbandingan rata-rata nilai pretest dan posttest dapat diketahui nilai rata-rata pretest sebesar 61,47 sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 82,32. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan rata-rata nilai siswa sebesar 20,85 Terkait dengan itu, dari jumlah 38 siswa yang mendapatkan skor hasil belajar di atas KKM sebanyak 35 siswa sedangkan 3 siswa mendapatkan skor di bawah KKM. Persentase ketuntasan siswa keseluruhan sebesar 92,10%. Berdasarkan pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif "Siklus Air" yang dikembangkan valid, efektif, dan menarik serta sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran 
546 |a id 
690 |a Multimedia 
690 |a Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash 
655 7 |a Undergraduat Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92516 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92516  |z Get Fulltext