Penerapan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Tema Cita-citaku Kelas IVB SDN Kepatihan 06 Jember

Kreativitas guru dalam merancang pembelajaran sangat diperlukan guna meningkatkan kualitas pembelajaran di tingkat Sekolah Dasar (SD), agar proses pembelajaran memberikan pemahaman yang bermakna bagi siswa. Hal tersebut selaras dengan hasil wawancara tanggal 18 September 2018 diperoleh informasi bah...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NOVITASARI, Desi (Author)
Other Authors: Chumi Zahroul Fitriyah (Contributor), Zetti Finali (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2019-09-05T04:39:17Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Kreativitas guru dalam merancang pembelajaran sangat diperlukan guna meningkatkan kualitas pembelajaran di tingkat Sekolah Dasar (SD), agar proses pembelajaran memberikan pemahaman yang bermakna bagi siswa. Hal tersebut selaras dengan hasil wawancara tanggal 18 September 2018 diperoleh informasi bahwa guru sudah menerapkan kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik, salah satu metode yang digunakan guru yaitu metode diskusi kelompok yang mana dalam menerapkan pembelajaran masih ada beberapa kekurangan diantaranya kurang memaksimalkan kelompok belajar, kurang interaksi mengenai diskusi yang dilakukan oleh guru dan siswa, dan langkah-langkah pembelajaran masih ada yang tidak dilakukan, sehingga berpengaruh terhadap rendahnya kreativitas siswa. Untuk menunjang kekurangan dalam kegiatan pembelajaran yang sudah berjalan yaitu memperbaiki penerapan metode diskusi kelompok untuk memperjelas pemahaman siswa pada materi dan menumbuhkan kreativitas siswa serta dapat meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran. Berdasarkan pernyataan tersebut maka dapat dirumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah peningkatan kreativitas siswa Tema Cita-citaku kelas IVB SDN Kepatihan 06 Jember melalui penerapan metode diskusi kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas siswa melalui diskusi kelompok pada siswa kelas IVB Tema Cita-citaku di SDN Kepatihan 06 Jember. Penelitian dilaksanakan di SDN Kepatihan 06 Jember dimulai tanggal 18 September 2018 sampai 15 Januari 2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IVB yang berjumlah 33 siswa. Penelitian ini menggunakan II siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan; (2) tindakan; (3) observasi; (4) refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas siswa berdasarkan observasi pada tanggal 18 September 2018 yaitu tahap prasiklus secara klaksikal memperoleh presentase sebesar 47,7% dengan kriteria kreativitas kurang, pada siklus I kreativitas siswa secara klaksikal mengalami peningkatan sebesar 68,18% dengan kriteria cukup kreatif, artinya terjadi peningkatan sebesar 20,48% dan pada siklus II kreativitas siswa secara klaksikal mengalami peningkatan sebesar 90,3% dengan kriteria sangat kreatif dari refleksi siklus I terjadi peningkatan sebesar 22,12%. Indikator kreativitas meliputi selalu ingin tahu, kemampuan mencari jawaban, kemampuan menemukan gagasan baru, dan kemampuan bertanya. Hasil analisis dari setiap indikator pada siklus I yang paling tinggi yaitu pada indikator kemampuan bertanya dengan presentase sebesar 73%, kemudian hasil analisis dari setiap indikator pada siklus II mengalami peningkatan pada indikator selalu ingin tahu, kemampuan mencari jawaban, dan kemampuan bertanya dengan presentase sebesar 91,6%. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi kelompok pada Tema Cita-citaku dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas IVB SDN Kepatihan 06 Jember. Berdasarkan hasil kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini ada beberapa saran yaitu bagi guru, metode diskusi kelompok dapat meningkatkan kreativitas siswa yang lebih tinggi dengan alternatif menggunakan media dalam pembelajaran; bagi sekolah, hendaknya mendukung metode ini dalam pembelajaran; bagi peneliti lain, hendaknya mengembangkan penelitian dengan materi yang berbeda dan lebih menciptakan media yang berbeda untuk mendukung pembelajaran.
Item Description:150210204128
http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92586