Pengembangan E-modul Berbasis DD/CT untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Kelas XI SMA dengan Model ADDIE

Dalam kurikulum 2013 salah tujuan belajar sejarah adalah melatih kemampuan mental seperti berpikir kritis. Berdasarkan data berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS SMAN Jenggawah diketahui bahwa: (1) 87% kurang mampu untuk membuat klasifikasi dasar; (2) 89% kurang mampu untuk menyatakan strategi;...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: JANNAH, Ninik Maftuchatul (Author)
Other Authors: SUMARDI (Contributor), UMAMAH, Nurul (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: 2019-10-02T09:02:31Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03789 am a22002413u 4500
001 repository_unej_123456789_93053
042 |a dc 
100 1 0 |a JANNAH, Ninik Maftuchatul  |e author 
100 1 0 |a SUMARDI  |e contributor 
100 1 0 |a UMAMAH, Nurul  |e contributor 
245 0 0 |a Pengembangan E-modul Berbasis DD/CT untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Kelas XI SMA dengan Model ADDIE 
260 |c 2019-10-02T09:02:31Z. 
500 |a 150210302045 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/93053 
520 |a Dalam kurikulum 2013 salah tujuan belajar sejarah adalah melatih kemampuan mental seperti berpikir kritis. Berdasarkan data berpikir kritis peserta didik kelas XI IPS SMAN Jenggawah diketahui bahwa: (1) 87% kurang mampu untuk membuat klasifikasi dasar; (2) 89% kurang mampu untuk menyatakan strategi; (3) 89% kurang mampu untuk membuat dukungan dasar; (4) 81% kurang mampu untuk menyimpulkan; (5) 87% kurang mampu untuk membuat klasifikasi lanjut. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana hasil validasi ahli terhadap e-modul berbasis DD/CT untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis kelas XI SMA dengan model ADDIE ?; dan (2)bagaimana pengembangan e-modul berbasis DD/CT untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis kelas XI SMA dengan model ADDIE?. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan: (1) menghasilkan e-modul berbasis DD/CT yang tervalidasi ahli isi bidang studi, ahli bahasa, dan ahli desain pembelajaran; dan (2) menghasilkan emodul berbasis DD/CT yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pesera didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau reseach and development menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dariAnalyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik dokumentasi, observasi, angket, dan wawancara. Subjek penelitian melibatkan pendidik mata pelajaran sejarah dan 40 peserta didik kelas XI SMA Jenggawah. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi berturut-turut menunjukkan: (1) ahli isi bidang studi memperoleh nilai 78% masuk kriteria "baik", (2) ahli bahasa memperoleh nilai 78% masuk kriteria "sangat baik", dan (3) ahli desain memperoleh nilai 86% masuk kriteria "baik". Hasil uji pengguna pendidik dan peserta didik mendapatkan nilai 93% dan 90% masuk kriteria "sangat baik". Hasil uji coba berturut-turut menunjukkan: (1) uji coba kelompok kecil sebelum penggunaan e-modul berbasis DD/CT memperoleh nilai sebesar 47,1% berkategori "cukup kritis" dan setelah penggunaan memperoleh nilai sebesar 87,1% berkategori "sangat kritis", sehingga terjadi peningkatan mencapai 40%; dan (2) uji coba lapangan sebelum penggunaan e-modul berbasis DD/CT memperoleh nilai 46% berkategori "kurang kritis" dan setelah penggunaan memperoleh nilai 87,4% berkategori "sangat kritis", sehingga terjadipeningkatan mencapai 41,4% artinya peserta didik memiliki tingkat kemampuan berpikir kritis "sangat baik". Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan diambil kesimpulan: (1) e-modul berbasis DD/CT telah tervalidasi ahli dan layak digunakan sebagai sumber belajar sejarah kelas XI SMA dan (2) e-modul berbasis DD/CT berhasil meningkatkan berpikir kritis peserta didik. Pendidik diharapkan mampu menciptakan suasana belajar inovatif dan kondusif melalui penggunaan e-modul berbasis DD/CT, sehingga mampu mencapai tujuan pembelajaran yang telah diterapkan. 
546 |a id 
690 |a E-modul 
690 |a DD/CT 
690 |a Kemampuan Berpikir kritis 
690 |a Model ADDIE 
655 7 |a Undergraduat Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/93053 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/93053  |z Get Fulltext