Gambaran Health Literacy Pada Pasien Di Pusat Pelayan Kesehatan Lp2m Universitas Jember

Health literacy didefinisikan kemampuan kognitif dan sosial yang mempengaruhi kemampuan individu mengakses, memahami, dan menggunakan informasi kesehatan yang digunakan untuk menentukan koping yang tepat. Memahami health literacy diperlukan kemampuan menggunakan dan mengintepretasikan teks atau baca...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ARRAHMAN, Asif Kholif (Author)
Format: Academic Paper
Published: Fakultas Keperawatan, 2019-10-24T09:54:45Z.
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Health literacy didefinisikan kemampuan kognitif dan sosial yang mempengaruhi kemampuan individu mengakses, memahami, dan menggunakan informasi kesehatan yang digunakan untuk menentukan koping yang tepat. Memahami health literacy diperlukan kemampuan menggunakan dan mengintepretasikan teks atau bacaan terkait kesehatan. Kemampuan yang dimaksud yaitu kemampuan membaca leaflet, inform concern, label obat, serta memahami informasi yang diberikan tenaga kesehatan baik secara lisan maupun tertulis, juga memahami petunjuk alur berobat saat menjalani pengobatan. Health literacy sendiri menggambarkan kemampuan kognitif dan ketrampilan sosial yang dapat diartikan sebagai motivasi dan kemampuan individu untuk mengakses, memahami dan menggunakan informasi dalam hal menjaga kesehatannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran health literacy dan karakteristik pasien di Pusat Pelayanan Kesehatan LP2M Universitas Jember. Desain penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan teknik sampel consecutive sampling dengan jumlah sampel 230 responden. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner karakteristik reponden, faktor-faktor yang mempegaruhi health literacy, dan Newest Vital Sign (NVS). Data numerik disajikan dalam bentuk mean, standar deviasi, median, modus dan data kategorik disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi dan persentase
Item Description:152310101150
http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/93666