Gambaran Health Literacy Pada Pasien Di Pusat Pelayan Kesehatan Lp2m Universitas Jember

Health literacy didefinisikan kemampuan kognitif dan sosial yang mempengaruhi kemampuan individu mengakses, memahami, dan menggunakan informasi kesehatan yang digunakan untuk menentukan koping yang tepat. Memahami health literacy diperlukan kemampuan menggunakan dan mengintepretasikan teks atau baca...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ARRAHMAN, Asif Kholif (Author)
Format: Academic Paper
Published: Fakultas Keperawatan, 2019-10-24T09:54:45Z.
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 01989 am a22001693u 4500
001 repository_unej_123456789_93666
042 |a dc 
100 1 0 |a ARRAHMAN, Asif Kholif  |e author 
245 0 0 |a Gambaran Health Literacy Pada Pasien Di Pusat Pelayan Kesehatan Lp2m Universitas Jember 
260 |b Fakultas Keperawatan,   |c 2019-10-24T09:54:45Z. 
500 |a 152310101150 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/93666 
520 |a Health literacy didefinisikan kemampuan kognitif dan sosial yang mempengaruhi kemampuan individu mengakses, memahami, dan menggunakan informasi kesehatan yang digunakan untuk menentukan koping yang tepat. Memahami health literacy diperlukan kemampuan menggunakan dan mengintepretasikan teks atau bacaan terkait kesehatan. Kemampuan yang dimaksud yaitu kemampuan membaca leaflet, inform concern, label obat, serta memahami informasi yang diberikan tenaga kesehatan baik secara lisan maupun tertulis, juga memahami petunjuk alur berobat saat menjalani pengobatan. Health literacy sendiri menggambarkan kemampuan kognitif dan ketrampilan sosial yang dapat diartikan sebagai motivasi dan kemampuan individu untuk mengakses, memahami dan menggunakan informasi dalam hal menjaga kesehatannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran health literacy dan karakteristik pasien di Pusat Pelayanan Kesehatan LP2M Universitas Jember. Desain penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan teknik sampel consecutive sampling dengan jumlah sampel 230 responden. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner karakteristik reponden, faktor-faktor yang mempegaruhi health literacy, dan Newest Vital Sign (NVS). Data numerik disajikan dalam bentuk mean, standar deviasi, median, modus dan data kategorik disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi dan persentase 
690 |a Pelayanan Kesehatan 
690 |a Health Literacy 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/93666 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/93666  |z Get Fulltext