Peran Guru Dalam Melatih Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Finger Painting Pada Kelompok b2 DI TK Kartika IV-73 Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

Kreativitas merupakan kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada. Kreativitas anak sendiri tidak terlepas dari peran guru yang yang melatih kreativitas kepada anak dengan aktivitas atau kegiatan. Salah...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Dewi, Ayu Silviana (Author)
Other Authors: Yuliati, Nanik (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2020-03-27T03:46:20Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04982 am a22001933u 4500
001 repository_unej_123456789_97450
042 |a dc 
100 1 0 |a Dewi, Ayu Silviana  |e author 
100 1 0 |a Yuliati, Nanik  |e contributor 
245 0 0 |a Peran Guru Dalam Melatih Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Finger Painting Pada Kelompok b2 DI TK Kartika IV-73 Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 
260 |b Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,   |c 2020-03-27T03:46:20Z. 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/97450 
500 4 1 |u 150210205012 
520 |a Kreativitas merupakan kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada. Kreativitas anak sendiri tidak terlepas dari peran guru yang yang melatih kreativitas kepada anak dengan aktivitas atau kegiatan. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan guru di sekolah adalah kegiatan finger painting atau melukis dengan jari yang dilakukan di TK Kartika IV-73. Kegiatan finger painting atau melukis dengan jari yang dilaksanakan di TK Kartika IV-73 merupakan kegiatan yang dilakukan guru pada saat kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti di TK Kartika IV-73 Jember, kegiatan finger painting yang berlangsung cukup menarik bagi anak. Anak-anak mampu mengembangkan idenya sesuai dengan apa yang diinginkan yang merupakan sebagian dari kreativitas yang tampak pada saat kegiatan finger painting. Berdasarkan uraian tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: "Bagaimanakah Peran Guru dalam Melatih Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Finger Painting pada Kelompok B2 di TK Kartika IV-73 Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?". Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk mendiskripsikan peran guru dalam melatih kreativitas anak melalui kegiatan finger painting pada kelompok B2 di TK Kartika IV-73 Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Subyek penelitian ini adalah guru kelas dan anak kelompok B2 yang melakukan kegiatan finger painting di TK Kartika Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif menurut Miles dan Huberman (dalam Sugiyono 2012:246) yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data hasil wawancara, observasi dan dokumentasi tentang peran guru dalam melatih kreativitas anak, mereduksi data yaitu memfokuskan pada temuan tentang peran guru dalam melatih kreativitas anak melalui kegiatan finger painting di TK Kartika IV-73. Penyajian data dalam bentuk teks naratif tentang peran guru dalam melatih kreativitas anak melalui kegiatan finger painting di TK Kartika IV-73 dan penarikan kesimpulan tentang bagaimana peran guru dalam melatih kreativitas anak melalui kegiatan finger painting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam melatih kreativitas anak melalui kegiatan finger painting yang dilakukan di TK Kartika IV-73 meliputi: Peran guru dalam berinteraksi yaitu guru berinteraksi kepada anak pada kegiatan pembelajaran dengan menjelaskan tema dan kegiatan yang pada hari tersebut yang berfungsi untuk mengembangkan imajinasi anak. Peran guru dalam memberikan fasilitasi yaitu guru menyediakan peralatan dan media yang akan digunakan anak dalam kegiatan pembelajaran khususnya kegiatan finger painting yakni cat, air, lap, mangkok yang berfungsi untuk mengembangkan imajinasi anak dan anak mampu mengembangkan gagasan atau idenya. Peran guru dalam perencanaan yaitu guru merencanakan kegiatan pembelajaran seperti membuat RPPH dan membuat kegiatan yang akan digunakan untuk anak yang berfungsi untuk menjaga kondisi yang kondusif bagi anak-anak untuk belajar. Peran guru dalam bimbingan dan pemeliharaan yaitu guru membimbing anak dan mengawasi anak ketika anak melakukan kegiatan pembelajaran yang berfungsi untuk menstimulasi anak untuk berelaborasi, meningkatkan percaya diri dan kemampuan anak-anak untuk mencoba. Pada umumnya guru telah melaksanakan peran-peran tersebut dengan baik dan dapat mengembangkan ciri-ciri kreativitas yaitu (fluency, flexibility, originality, elaboration) pada diri anak. Sebagai saran penguatan, guru diharapkan dapat memperkuat lagi peran guru dalam berinteraksi dan peran guru dalam bimbingan dan pemeliharaan dalam melatih kreativitas anak melalui kegiatan finger painting, memperjelas informasi atau penerapan mengenai tema dan menyusun media yang menarik. Guru diharapkan menyediakan media yang lebih berwarna dan bervariasi untuk memperkaya anak sehingga anak punya lebih banyak pilihan ide. 
546 |a Ind 
690 |a finger painting 
655 7 |a Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/97450 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/97450  |z Get Fulltext