Lesson Study for Learning Community: Penerapan dan Riset dalam Pembelajaran Matematika
Lesson study (LS) telah berkembang di Jepang sejak awal tahun 1900 an. Lesson Study merupakan terjemahan dari bahasa Jepang jugyokenkyu, yang berasal dari dua kata yakni jugyo yang berarti lesson atau pembelajaran, dan kenkyu yang berarti study atau research atau pengkajian. Dengan demikian Lesson S...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Academic Paper |
Published: |
Yogyakarta: LaksBang PRESSindo,
2020-03-30T06:28:30Z.
|
Subjects: | |
Online Access: | Get Fulltext |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Lesson study (LS) telah berkembang di Jepang sejak awal tahun 1900 an. Lesson Study merupakan terjemahan dari bahasa Jepang jugyokenkyu, yang berasal dari dua kata yakni jugyo yang berarti lesson atau pembelajaran, dan kenkyu yang berarti study atau research atau pengkajian. Dengan demikian Lesson Study merupakan pengkajian terhadap pembelajaran (Hendayana dkk., 2007:20). Lesson Study merupakan suatu model pembinaan profesi pendidik melalui kegiatan pengkajian pembelajaran yang dilakukan oleh sekelompok pendidik (guru atau dosen) secara kolaboratif dan berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Sementara Amri dan Ahmadi (2010:1) menyatakan Lesson Study ialah suatu model pembinaan profesi pendidik melalui kajian pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip kolegalitas dan kualitas demi membangun suatu komunitas belajar. |
---|---|
Item Description: | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/97485 KODEPRODI0210101#Pendidikan Matematika |