Analisis Pemecahan Masalah Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Jumping Task pada Materi Barisan dan Deret Aritmetika

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemecahan masalah pada siswa SMA dalam menyelesaikan masalah jumping task pada materi barisan dan deret aritmetika. Pemecahan masalah jumping task merupakan gambaran deskripsi tentang bagaimana upaya siswa dalam menyelesaikan masalah jumping task dengan mengg...

Full beskrivning

Sparad:
Bibliografiska uppgifter
Huvudupphovsmän: HOBRI, Hobri (Författare, medförfattare), WIDYASARI, Ni Kadek (Författare, medförfattare), MURTIKUSUMA, Randi Pratama (Författare, medförfattare)
Materialtyp: Academic Paper
Publicerad: MATH DIDACTIC: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, Volume 6 Nomor 2, Mei - Agustus 2020, halaman 124 - 141, 2020-06-05T03:15:23Z.
Ämnen:
Länkar:Get Fulltext
Taggar: Lägg till en tagg
Inga taggar, Lägg till första taggen!
LEADER 02557 am a22002533u 4500
001 repository_unej_123456789_99148
042 |a dc 
100 1 0 |a HOBRI, Hobri  |e author 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99148 
500 |a KODEPRODI0210101#Pendidikan Matematika 
500 |a NIDN0006057301 
500 4 1 |u NIDN0020068802 
700 1 0 |a WIDYASARI, Ni Kadek  |e author 
700 1 0 |a MURTIKUSUMA, Randi Pratama  |e author 
245 0 0 |a Analisis Pemecahan Masalah Siswa SMA dalam Menyelesaikan Masalah Jumping Task pada Materi Barisan dan Deret Aritmetika 
260 |b MATH DIDACTIC: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, Volume 6 Nomor 2, Mei - Agustus 2020, halaman 124 - 141,   |c 2020-06-05T03:15:23Z. 
520 |a Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemecahan masalah pada siswa SMA dalam menyelesaikan masalah jumping task pada materi barisan dan deret aritmetika. Pemecahan masalah jumping task merupakan gambaran deskripsi tentang bagaimana upaya siswa dalam menyelesaikan masalah jumping task dengan menggunakan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian sebanyak enam siswa dari kelas XI MIPA 5 SMAN 1 Jember. Instrumen yang digunakan adalah tes pemecahan masalah jumping task dan pedoman wawancara. Proses analisis jawaban siswa dalam memecahkan masalah jumping task pada materi barisan dan deret aritmetika berdasarkan tahapan Polya meliputi memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Berdasarkan hasil analisis pemecahan masalah siswa yang dilakukan menggunakan masalah jumping task terlihat bahwa secara umum pada tahap memahami masalah seluruh subjek mampu memahami masalah dengan baik, pada tahap membuat rencana subjek merencanakan cara penyelesaian sudah benar walaupun terdapat beberapa langkah yang tidak ditulis namun langsung muncul dalam pelaksanaan rencana, pada tahap melaksanakan rencana subjek melaksanakan rencana dengan tepat dan berurutan sesuai dengan rencana yang telah dibuat, dan pada tahap memeriksa kembali cara subjek dalam memeriksa kembali jawaban adalah menggunakan data yang telah diperoleh pada tahap melaksanakan rencana kemudian menyamakan dengan data yang diketahui. 
546 |a Ind 
690 |a pemecahan masalah dengan tahapan Polya 
690 |a jumping task 
690 |a barisan dan deret aritmetika 
655 7 |a Article  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99148 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99148  |z Get Fulltext