Pengaruh Penggunaan Media Permainan Bowling Number terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 pada Anak Kelompok A di TK Muslimat NU 63 Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

Pendidikan anak usia dini diharapkan dapat mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak, meliputi perkembangan moral dan nilai agama, kognitif, sosial emosional, bahasa, fisik motorik, dan seni, memiliki pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan perkembangan dan karakteristik anak usia dini. Metod...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HIKMAH, Nida Nur (Author)
Other Authors: YULIANTI, Nanik (Contributor)
Format: Academic Paper
Published: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2020-07-23T06:46:18Z.
Subjects:
Online Access:Get Fulltext
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03605 am a22002173u 4500
001 repository_unej_123456789_99970
042 |a dc 
100 1 0 |a HIKMAH, Nida Nur  |e author 
100 1 0 |a YULIANTI, Nanik  |e contributor 
245 0 0 |a Pengaruh Penggunaan Media Permainan Bowling Number terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 pada Anak Kelompok A di TK Muslimat NU 63 Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 
260 |b Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,   |c 2020-07-23T06:46:18Z. 
500 |a NIM 150210205099 
500 |a http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99970 
500 |a PAUD 
500 4 1 |u 0210205 
520 |a Pendidikan anak usia dini diharapkan dapat mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak, meliputi perkembangan moral dan nilai agama, kognitif, sosial emosional, bahasa, fisik motorik, dan seni, memiliki pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan perkembangan dan karakteristik anak usia dini. Metode yang menyenangkan dan menggunakan media yang menarik ketika pembelajaran akan memudahkan anak dalam mencapai tujuan dari program PAUD. Berkenaan hal tersebut, media permainan Bowling Number diharapkan dapat membantu proses pembelajaran untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, "Apakah ada pengaruh penggunaan media permainan Bowling Number terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A di TK Muslimat NU 63 Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?" adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media permainan Bowling Number terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A di TK Muslimat NU 63 Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimental dengan desain penelitian pra eksperimental menggunakan pola penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Lokasi yang digunakan sebagai tempat penelitian yaitu di TK Muslimat NU 63 Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode pengambilan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas dan uji reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan rumus Spearman's rho atau tata jenjang. Analisis datanya mengunakan uji t Paired Sampel T-Test karena data yang diambil berupa angka dan sampel yang berhubungan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dengan menggunakan paired sample t-test diperoleh hasil thitung sebesar 12,533, dan nilai p sebesar 0,00. Hasil penghitungan t-test kemudian dikonsultasikan dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa nilai signifikansinya <0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya ada pengaruh penggunaan media permainan Bowling Number terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A di TK Muslimat NU 63 Wuluhan Jember. Beberapa saran yang disampaikan dari hasil penelitian ini adalah bahwa guru hendaknya menerapkan media permainan Bowling Number untuk mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak dengan menggunakan pin bowling yang lebih kokoh, pemberian reward untuk meningkatkan konsentrasi dan minat anak untuk ikut bermain sehingga pembelajaran lebih kondusif. Saran untuk peneliti lain, hendaknya menggunakan media yang lebih kokoh dan memberikan langkah pengkondisian kepada anak sebelum permainan Bowling Number dimulai. 
546 |a Ind 
690 |a Bowling Number 
655 7 |a Thesis  |2 local 
787 0 |n http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99970 
856 4 1 |u http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/99970  |z Get Fulltext