PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA TENTANG POKOK BAHASAN CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA : Penelitian Tindakan Kelas di SDN Nanggeleng I Kelas V Semester II Ajaran 2012/2013 Kota Sukabumi

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa mengenai tumbuhan dan bagiannya melalui metode demonstrasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas V SDN Nanggeleng Kota Sukabumi. Subjek penelitian in...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Sary, Desty Komala (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2013-09-23.
Subjects:
Online Access:Get Online
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa mengenai tumbuhan dan bagiannya melalui metode demonstrasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dengan guru kelas V SDN Nanggeleng Kota Sukabumi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan satu kali pertemuan untuk masing-masing siklus. Data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah IPA siswa kelas V SDN NANGGELENG Kota Sukabumi dilakukan dengan cara: (1) memberikan masalah-masalah yang terkait materi yang dipelajari, (2) memberikan kesempatan bertanya kepada siswa, (3) menyediakan LKS yang menuntun siswa untuk menemukan konsep materi yang dipelajari, (4) pembelajaran dilakukan secara berkelompok, tiap kelompok 4 siswa, (5) pemodelan oleh guru atau siswa, (6) melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai pengetahuan yang telah diperoleh siswa untuk memberikan penguatan dan mengecek pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang telah dipelajari, (7) memberikan penilaian secara menyeluruh pada siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN NANGGELENG Kota Sukabumi yang berjumlah 27 siswa. Peningkatan tersebut telah mencapai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan yaitu nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa dalam memecahkan masalah IPA mencapai 72,9 pada siklus I, pada siklus II meningkat menjadi 7,50 dan pada. Persentase nilai rata-rata setiap aspek kemampuan pemecahan masalah IPA juga telah mencapai kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, hasil belajar siswa kelas V SDN NANGGELENG Kota Sukabumi pada pembelajaran IPA Cahaya dan sifat-sifatnya menunjukan peningkatan kualitas hasil belajar yang lebih baik. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa guru dapat meningkatkan pemahaman siswa dengan terlebih dahulu merencanakan proses pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah Metode Demonstrasi, sehingga kinerja guru juga lebih baik. Maka penulis merekomendasikan agar guru dapat menciptakan situasi pembelajaran yang bermakna bagi siswa dengan cara mengaitkan materi dengan situasi dunia nyata yang sesuai dengan langkah-langkah metode demonstrasi.
Item Description:http://repository.upi.edu/1499/1/S_PGSD_0908411_Title.pdf
http://repository.upi.edu/1499/2/S_PGSD_0908411_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/1499/3/S_PGSD_0908411_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/1499/4/S_PGSD_0908411_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/1499/5/S_PGSD_0908411_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/1499/6/S_PGSD_0908411_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/1499/7/S_PGSD_0908411_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/1499/8/S_PGSD_0908411_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/1499/9/S_PGSD_0908411_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/1499/10/S_PGSD_0908411_Appendix.pdf