MODEL PELATIHAN ASESMEN MEMBACA PERMULAAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR KOTA BANDUNG

Terdapat banyak model pelatihan yang telah diterapkan dalam meningkatkan kemampuan guru. Penelitian ini berhubungan dengan model pelatihan asesmen membaca permulaan bagi guru di SD X Kota Bandung yang sesuai dan tersrtuktur, namun pelatihan hendaknya dilakukan berdasarkan kemampuan dan kebutuhan gur...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ZULFITRAH, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2015-01-30.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/17455/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03042 am a22003013u 4500
001 repoupi_17455
042 |a dc 
100 1 0 |a ZULFITRAH, -  |e author 
245 0 0 |a MODEL PELATIHAN ASESMEN MEMBACA PERMULAAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR KOTA BANDUNG 
260 |c 2015-01-30. 
500 |a http://repository.upi.edu/17455/1/T_PKKH_1201651_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/17455/2/T_PKKH_1201651_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/17455/3/T_PKKH_1201651_Table%20of%20content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/17455/4/T_PKKH_1201651_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/17455/5/T_PKKH_1201651_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/17455/6/T_PKKH_1201651_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/17455/7/T_PKKH_1201651_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/17455/8/T_PKKH_1201651_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/17455/9/T_PKKH_1201651_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/17455/10/T_PKKH_1201651_Appendix.pdf 
520 |a Terdapat banyak model pelatihan yang telah diterapkan dalam meningkatkan kemampuan guru. Penelitian ini berhubungan dengan model pelatihan asesmen membaca permulaan bagi guru di SD X Kota Bandung yang sesuai dan tersrtuktur, namun pelatihan hendaknya dilakukan berdasarkan kemampuan dan kebutuhan guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan model pelatihan asesmen terkait kemampuan guru dalam mengasesmen peserta didik. Fokus penelitian ini adalah untuk menghasilkan model pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan guru di SD yang meliputi, asesmen membaca permulaan yang diterapkan guru di sekolah selama ini , kebutuhan yang diperlukan dalam merumuskan model pelatihan asesmen membaca permulaan di sekolah, model pelatihan asesmen membaca permulaan yang sesuai dengan kebutuhan guru di sekolah. Pelatihan asesmen membaca permulaan ini terkait 3 tahap utama, yaitu: a) Tahap persiapan instuktur yang meliputi Training Needs Assessment akan kebutuhan dan hambatan peserta tentang asesmen dan permasalahan dalam membaca permulaan, b) Tahap Pelaksanaan yang meliputi mekanisme pelatihan dan strategi/tehnik pelatihan, c) Tahap Evaluasi. Model pelatihan yang telah dirancang kemudian divalidasi melalui kegiatan FGD (Focus Group Discussion). Hasil penelitian ini menunjukkan belum adanya model pelatihan bagi guru yang bisa mengakomodasi kebutuhan guru sehingga berdampak kepada guru melakukan asesmen kemampuan, hambatan dan kebutuhan peserta didik dalam membaca permulaan, yaitu mengidentifiksi, melakukan proses screening, membuat profil peserta didik dan memberikan rekomendasi serta belum adanya panduan asesmen 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/17455/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/17455/