Pengaruh Model Pembelajaran dan Gender terhadap Kepedulian Sosial Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani

Penelitian ini berangkat dari pemikiran tentang indikasi sikap kepedulian sosial siswa yang mulai memudar, kondisi ini ditandai oleh tingginya angka kenakalan remaja, tawuran antar siswa dan lebih lagi pengaruh teknologi yang begitu kuat membuat siswa jarang bersosialisasi dengan masyarakat sekitar...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Dupri, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2015-06-17.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/1843/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini berangkat dari pemikiran tentang indikasi sikap kepedulian sosial siswa yang mulai memudar, kondisi ini ditandai oleh tingginya angka kenakalan remaja, tawuran antar siswa dan lebih lagi pengaruh teknologi yang begitu kuat membuat siswa jarang bersosialisasi dengan masyarakat sekitar dan sesama siswa disekolah. Penelitian ini mengungkapkan perbedaan tingkat kepedulain sosial siswa yang mendapat perlakuan model hellison dengan model cooperative learning dalam pembelajaran penjas serta terkait dengan gender. Metode eksperimen dengan desain faktorial. Tahapan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, mempersiapkan program perlakuan, tes, analisis dan menarik kesimpulan. Perlakuannya pada dua model yang berbeda yaitu model hellison dan model cooperative learning. Instrument yang digunakan adalah angket kepedulian sosial dan analisis dengan uji Two-Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepedulian sosial siswa yang mendapat perlakuan model Hellison lebih baik daripada model Cooperative. Ditinjau dari gender tingkat kepedulian sosial siswa perempuan lebih baik daripada laki-laki. Tidak terdapat interaksi antara model dengan gender
Item Description:http://repository.upi.edu/18403/2/T_POR_1302323_title.pdf
http://repository.upi.edu/18403/3/T_POR_1302323_abstract.pdf
http://repository.upi.edu/18403/52/T_POR_1302323_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/18403/5/T_POR_1302323_chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/18403/53/T_POR_1302323_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/18403/1/T_POR_1302323_chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/18403/54/T_POR_1302323_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/18403/55/T_POR_1302323_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/18403/56/T_POR_1302323_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/18403/4/T_POR_1302323_appendix.pdf