PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN Malahayu III Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes Pada materi Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia)

Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya pemahman siswa terhadap materi kebergaman suku bangsa dan budaya di indonesia. Masalah tersebut terjadi karena guru hanya menggunakan metode ceramah dan tidak memberikan kesempatan bertanya jawab kepada siswa. Penelitian yang dilakukan adalah Peneliti...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Febriani, Wulan Eka (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-03-21.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/19722/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya pemahman siswa terhadap materi kebergaman suku bangsa dan budaya di indonesia. Masalah tersebut terjadi karena guru hanya menggunakan metode ceramah dan tidak memberikan kesempatan bertanya jawab kepada siswa. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Rancangan penelitiannya menggunakan Model Spiral dari Kemmis dan Taggart, dengan tahapan mulai dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Adapun instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi kinerja guru dan aktivitas siswa, pedoman wawancara untuk siswa dan guru, catatan lapangan serta tes hasil belajar siswa. Penelitian ini belangsung selama III siklus. Dari data yang telah diambil, diperoleh fakta untuk kinerjaguru bahwa pada siklus I mencapai 75,03% dari aspek-aspek yang dinilai, pada siklus II menjadi 89,03%, dan pada siklus III menjadi 100%. Sedangkan aktivitas siswa yang menunjukkan kategori B (Baik) pada siklus I sebnyak 9 siswa (45%), pada siklus II bertambah menjadi 17 siswa (85%), dan pada siklus III menjadi 19 siswa (95%). Dan untuk hasil belajar pada data awal diperoleh fakta dari 20 siswa, hanya 3 siswa (15%) yang mencapai KKM (67). Setelah siklus I dilaksanakan, siswa yang mencapai KKM menjadi 11 siswa (55%). Setelah dilaksanakan tindakan siklus II menjadi 14 siswa (70%) dan pada siklus III 20 siswa (100%) berhasil memenuhi KKM melebihi target penelitian. Dengan demikian, dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair check dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Malahayu III Kecamatan Banjarharjo pada materi keberagaman suku bnagsa dan budaya di Indonesia.
Item Description:http://repository.upi.edu/19722/1/s_pgsd_kelas_1104816_title.pdf
http://repository.upi.edu/19722/2/s_pgsd_kelas_1104816_table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/19722/3/s_pgsd_kelas_1104816_chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/19722/4/s_pgsd_kelas_1104816_chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/19722/5/s_pgsd_kelas_1104816_chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/19722/6/s_pgsd_kelas_1104816_chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/19722/7/s_pgsd_kelas_1104816_chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/19722/8/s_pgsd_kelas_1104816_bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/19722/9/s_pgsd_kelas_1104816_appendix.pdf