PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN PENCAPAIAN ILMU-AMALIAH DAN AMAL-ILMIAH:(Studi tentang Pembelajaran Nilai Salat dalam Pendidikan Agama Islam di SMPN I Cugenang)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam belum mampu membuat sebagian besar peserta didik mengamalkannya dalam kehidupan nyata. Pembelajaran salat yang terjadi masih mengedepankan sebuah bentuk pembelajaran yang bersifat teoretis-abstrak dengan menyaji...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Parhan, Muhamad (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2015-01-21.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/22718/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam belum mampu membuat sebagian besar peserta didik mengamalkannya dalam kehidupan nyata. Pembelajaran salat yang terjadi masih mengedepankan sebuah bentuk pembelajaran yang bersifat teoretis-abstrak dengan menyajikan seperangkat teori, simbol, tekstual, dan skriptual yang memuat sejumlah fakta, konsep, dan prinsip yang bersifat hapalan dan pengetahuan. Mengacu pada kondisi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan merumuskan desain pengembangan model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran pendidikan agama Islam mengenai materi salat untuk meningkatkan pencapaian ilmu-amaliah dan amal-ilmiah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan kombinasi antara penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif dengan metode penelitian research and development (R&D). Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah dengan cara: observasi partisipatif, wawancara mendalam, studi dokumentasi dan angket. Penelitian ini menghasilkan sebuah model pembelajaran kontekstual dalam pendidikan agama Islam yang dapat meningkatkan pencapaian ilmu-amaliah dan amal-ilmiah dalam pembelajaran salat. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya pencapaian hasil belajar pada peserta didik, serta dapat teraplikasikannya nilai-nilai dalam salat kepada kehidupan keseharian peserta didik. Pembelajaran salat dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual menjadikan pembelajaran lebih realistik, lebih konkret, lebih aktual, lebih menyenangkan dan lebih bermakna, dengan melibatkan peranserta aktif seluruh peserta didik untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan mengamalkannya dengan situasi kehidupan nyata. Model pembelajaran ini direkomendasikan untuk diaplikasikan melalui kerjasama secara berkesinambungan dari seluruh warga sekolah dengan memberikan tauladan dan pembiasaan dalam melaksanakan salat, serta menciptakan suasana religius di lingkungan sekolah. Kata kunci: Model pembelajaran kontekstual, nilai salat, ilmu-amaliah dan amal-ilmiah. The research was based on the fact that Islamic Education subject was ineffective to make the students capable to apply it in the real world. Prayer learning in school was still very theoritical-abstract learning by providing a set of theories, symbol, textual, and scriptual things that contain some facts, concepts, and principles to be memorized by the brain and merely knowledge. Referring to these conditions, this research aimed to reveal and formulize the contextual learning model design of prayer materials in order to improve the achievement of applicable-knowledge and knowledge-based virtues. The approach taken in this study was a combination of quantitative research and qualitative research using research and development (R&D) method. Data were collected through participatory observation, documentation study, in-depth interview, and questionnaire. The research result is that a contextual learning model of Islamic Education Subject can improve the achievement of applicable-knowledge and knowledge-based virtues in prayer learning. This can be seen from the students' improvement of the learning result achievement, and the application of of prayer values in students' daily lives. Prayer learning by using contextual learning can make the learning more realistic, concrete, actual, enjoyable, and meaningful, by involving students' active engagement in order to find the learning materials and apply them in the real world situation. This learning model is recommended to be applied successfully with a sustainable collaboration between all school citizens to give role model and refraction in doing the prayer also to create religious nuance in the school environment. Keywords: contextual learning model, prayer values, applicable-knowledge and knowledge-based virtues
Item Description:http://repository.upi.edu/22718/1/D_PU_1201073_Title.pdf
http://repository.upi.edu/22718/2/D_PU_1201073_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/22718/3/D_PU_1201073_Tabel_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/22718/4/D_PU_1201073_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/22718/5/D_PU_1201073_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/22718/6/D_PU_1201073_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/22718/7/D_PU_1201073_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/22718/8/D_PU_1201073_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/22718/9/D_PU_1201073_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/22718/10/D_PU_1201073_Appendix2.pdf
http://repository.upi.edu/22718/11/D_PU_1201073_Appendix3.pdf
http://repository.upi.edu/22718/12/D_PU_1201073_Appendix4.pdf