HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKUKAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI : Penelitian Korelasi Pada Guru Taman Kanak-kanak Di Kota Cimahi Selatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan guru dalam melakukan pengelolaan lingkungan belajar dengan motivasi belajar anak usia dini. penelitian ini menggunakan metode korelasional. Subjek penelitian berjumlah 13 orang guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yai...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Ramdhayani, Azmi Noor (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2015-12-11.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/22755/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04175 am a22003133u 4500
001 repoupi_22755
042 |a dc 
100 1 0 |a Ramdhayani, Azmi Noor  |e author 
245 0 0 |a HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKUKAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI : Penelitian Korelasi Pada Guru Taman Kanak-kanak Di Kota Cimahi Selatan 
260 |c 2015-12-11. 
500 |a http://repository.upi.edu/22755/1/S_PAUD_1106580_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22755/2/S_PAUD_1106580_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22755/3/S_PAUD_1106580_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22755/4/S_PAUD_1106580_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22755/5/S_PAUD_1106580_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22755/6/S_PAUD_1106580_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22755/7/S_PAUD_1106580_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22755/8/S_PAUD_1106580_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22755/9/S_PAUD_1106580_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22755/10/S_PAUD_1106580_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan guru dalam melakukan pengelolaan lingkungan belajar dengan motivasi belajar anak usia dini. penelitian ini menggunakan metode korelasional. Subjek penelitian berjumlah 13 orang guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu melalui angket yang berisi kemampuan guru dalam melakukan pengelolaan lingkungan belajar dan angket mengenai motivasi belajar anak. teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan beberapa tahapan diantaranya adalah proses validasi, reliabilitas, analisis korelasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan 100% kemampuan guru dalam melakukan pengelolaan lingkungan belajar dalam kategori baik, dan 100% motivasi belajar anak usia dini dalam kategori baik. Besarnya korelasi keduanya yaitu sebesar 0,854 sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif antara kemampuan guru dalam melakukan pengelolaan lingkungan belajar dengan motivasi belajar anak. Rekomendasi yang diberikan untuk guru yaitu guru diharapkan lebih meningkatkan lagi kemampuan guru dalam melakukan pengelolaan lingkungan belajar karena secara tidak langsung kemampuan guru dalam melakukan pengelolaan lingkungan belajar ikut mempengaruhi terciptanya motivasi belajar anak. Kata Kunci: kemampuan guru dalam melakukan pengelolaan lingkungan belajar, motivasi belajar anak This study aims to determine the relationship between the ability of teachers in managing the learning environment to early childhood learning motivation. This research using correlational. The study subjects were 13 teachers. Data collection techniques in this research thorough a questionnaire containing the ability of techers in managing the laerning environment and a questionnaire about the child's learning motivation. The data analisys technique used quantitative desciptive data analysis with several stages including the validation peocess, realibilitas, correlation analysis and conclusion. The results showed a 100% ability of techers in managing the learning environment in both categories. Both the magnitude of correlation 0,584 so it can be concluded there is a positive relationship between the ability of teachers in managing the learning environment to the children's learning motivation. Recommendations given to teachers, teachers are expected to further enhance their ability to manage the learning environment because it is not directly the ability of techers in managing the learning environment influence the creation of early childhood's learning motivation. Keywords: the ability of teachers in managing the learning environment, early childhood learning motivation 
546 |a en 
690 |a LB Theory and practice of education 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/22755/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/22755/