PROFIL KEMANDIRIAN ANAK KELOMPOK B TK AL-IKHLAS: (Penelitian Deskriptif pada TK Al-Ikhlas Jalan Negla Gang Al-Ikhlas Tahun 2014/ 2015)

Pada dasarnya sikap mandiri pada anak merupakan hal yang sangat penting untuk dikembangkan. Kemandirian anak usia dini itu sendiri seperti terbiasa melakukan kegiatan sehari-hari seperti makan, cuci tangan, berpakaian, dan buang air. Jika aspek-aspek kemandirian tersebut berkembang dengan baik terha...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Marti, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2015-01-22.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/22763/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 06136 am a22003253u 4500
001 repoupi_22763
042 |a dc 
100 1 0 |a Marti, -  |e author 
245 0 0 |a PROFIL KEMANDIRIAN ANAK KELOMPOK B TK AL-IKHLAS: (Penelitian Deskriptif pada TK Al-Ikhlas Jalan Negla Gang Al-Ikhlas Tahun 2014/ 2015) 
260 |c 2015-01-22. 
500 |a http://repository.upi.edu/22763/1/S_PAUD_1009923_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22763/2/S_PAUD_1009923_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22763/3/S_PAUD_1009923_Tabel_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22763/4/S_PAUD_1009923_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22763/5/S_PAUD_1009923_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22763/6/S_PAUD_1009923_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22763/7/S_PAUD_1009923_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22763/8/S_PAUD_1009923_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22763/9/S_PAUD_1009923_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22763/10/S_PAUD_1009923_Appendix.pdf 
520 |a Pada dasarnya sikap mandiri pada anak merupakan hal yang sangat penting untuk dikembangkan. Kemandirian anak usia dini itu sendiri seperti terbiasa melakukan kegiatan sehari-hari seperti makan, cuci tangan, berpakaian, dan buang air. Jika aspek-aspek kemandirian tersebut berkembang dengan baik terhadap kehidupan sehari-hari anak, hal ini akan memberi kemudahan terhadap anak untuk memasuki jenjang pendidikan selanjutnya yaitu sekolah dasar (SD). Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis tertarik untuk menelaah profil kemandirian siswa kelompok B TK Al-Ikhlas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mnegungkapkan gambaran sesungguhnya tentang kemandirian siswa kelompok B TK Al-Ikhlas. Adapun tekhnik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui observasi terhadap siswa kelompok B, wawancara terhadap guru, dan studi dokumentasi. Objek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelompok B TK Al-Ikhlas. sampel penelitian berjumlah 15 orang. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian siswa kelompok B TK Al-Ikhlas, jumlah anak yang masuk pada kategori dalam proses (DP) sebanyak dua atau sebesar 13% kemandirian anak yang masih dalam proses artinya anak masih memerlukan bantuan dan bimbingan. Jumlah anak yang masuk pada kategori sudah berkembang (SB) sebanyak 13 orang atau sebesar 87% kemandirian anak masuk pada kategori sudah berkembang artinya anak dapat melakukan kegiatan sendiri tanpa bantuan orang lain, dan jumlah anak yang masuk pada kategori belum mampu (BM) sebayak 0 anak atau sebesar 0%. Adapun upaya yang dilakukan guru dalam mengembagkan kemandirian anak kelompok B TK Al-Ikhlas yaitu meminta kepada orang tua agar tidak menunggu dikelas, memberikan pengertian kepada anak agar dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik, membuat kegiatan kreativitas sesuai kemampuan anak dan melakukan program pembiasan disekolah. Kendala yang dihadapi guru dalam mengembangkan kemandirian anak yaitu sikap manja anak yang terkadang masih muncul, orang tua yang selalu menghampiri anak ketika proses pembelajaran di dalam kelas, dan pola asuh orang tua yang masih berbeda-beda. Rekomendasi bagi sekolah hendaknya lebih menegaskan lagi kepada pihak orang tua agar tidak membiasakan diri menghampiri anak ketika proses pembelajaran. Kata kunci : Kemandirian, Siswa kelompok B, TK Al-Ikhlas Basically independent attitude in children is very important to be developed. Independence early childhood itself as accustomed to perform daily activities such as eating, washing hands, dressing, and defecation. If these aspects are well developed independence of the child's daily life, it will provide ease of children into further education is elementary school(SD). Based on this background, the authors are interested to examine the independence of the student profile group B TK Al-Ikhlas. The purpose of this study was to mnegungkapkan real picture of students' independence group B TK Al-Ikhlas. The technique used in this research is through observation of the student group B, interviews with teachers, and documentation. The object of research in this study is the student group B TK Al-Ikhlas. sample of 15 people. The method used in this study was a descriptive study with a quantitative approach. The results showed that students' independence group B TK Al-Ikhlas, the number of children who enter the category in the process (DP) as much as two or as much as 13% independence of children who are still in the process means that children still need help and guidance. The number of children who enter the category has grown (SB) as many as 13 people or 87% of the independence of children enter the category has evolved means children can do their own activities without the help of others, and the number of children who have not been able to enter the category (BM) sebayak 0 child or equal to 0%. The efforts of teachers in the child's independence mengembagkan kindergarten group B Al-Ikhlas which asked parents not to wait for class, giving sense to the child in order to complete the task well, making children's creative activities according to their ability and conduct programs in schools refraction. Constraints faced by teachers in developing the child's independence is the attitude spoiled child who sometimes still arise, parents are always up to the child when the learning process in the classroom, and parenting parents who are still different. Recommendations for schools should be reiterated to the parents that do not get used to approach the child when learning process. Keywords: Independence, Student group B, TK Al-Ikhlas 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB Theory and practice of education 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/22763/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/22763/