MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI BILANGAN ANAK USIA DINI MELALUI GAME EDUKASI SEBRAN:(Penelitian Tindakan Kelas Pada Anak Kelompok B TK Kartika XVI-1 Secapa AD Kecamatan Cidadap Kota Bandung Tahun Ajaran 2014-2015)

Kemampuan operasi bilangan anak usia dini TK Kartika XVI-1 Secapa AD belum meningkat secara optimal. Hal ini dilihat dari kemampuan anak saat berhitung hanya beberapa anak yang dapat berhitung secara berurutan dengan benar, dan hanya beberapa anak yang dapat melakukan kegiatan penjumlahan dan pengur...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Rukiyah, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2015-01-22.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/22773/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05179 am a22003133u 4500
001 repoupi_22773
042 |a dc 
100 1 0 |a Rukiyah, -  |e author 
245 0 0 |a MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI BILANGAN ANAK USIA DINI MELALUI GAME EDUKASI SEBRAN:(Penelitian Tindakan Kelas Pada Anak Kelompok B TK Kartika XVI-1 Secapa AD Kecamatan Cidadap Kota Bandung Tahun Ajaran 2014-2015) 
260 |c 2015-01-22. 
500 |a http://repository.upi.edu/22773/1/S_PAUD_1009925_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22773/2/S_PAUD_1009925_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22773/3/S_PAUD_1009925_Tabel_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22773/4/S_PAUD_1009925_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22773/5/S_PAUD_1009925_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22773/6/S_PAUD_1009925_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22773/7/S_PAUD_1009925_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22773/8/S_PAUD_1009925_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22773/9/S_PAUD_1009925_Bibliography.pdf 
520 |a Kemampuan operasi bilangan anak usia dini TK Kartika XVI-1 Secapa AD belum meningkat secara optimal. Hal ini dilihat dari kemampuan anak saat berhitung hanya beberapa anak yang dapat berhitung secara berurutan dengan benar, dan hanya beberapa anak yang dapat melakukan kegiatan penjumlahan dan pengurangan secara sederhana. Dengan adanya masalah tersebut peneliti ingin menerapkan pembelajaran bilangan melalu games edukasi sebran agar kemampuan operasi bilangan anak TK Kartika XVI-1 Secapa AD meningkat secara optimal. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian sebanyak 19 anak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan selama dua siklus terlihat kemampuan operasi bilangan anak TK Kartika XVI-1 Secapa AD meningkat secara signifikan sesuai dengan yang diharapkan. Adapun rekomendasi dari peneliti untuk meningkatkan kemampuan operasi bilangan anak yaitu : Bagi sekolah diharapkan dapat menyediakan fasilitas-fasilitas pembelajaran seperti komputer agar anak dapat belajar games edukasi sejak dini yang dapat merangsang dan meningkatkan kemampuan operasi bilangan, dapat memberi sumbangan referensi dibidang pembelajaran khusunya dalam pembelajaran matematika di lembaga pendidikan anak usia dini. Bagi guru hendaknya dapat menstimulasi kemampuan operasi bilangan anak menggunakan games yang menarik salah satunya games edukasi sebran agar pembelajaran menarik dan menyenangkan untuk anak, sebagai referensi bahwa dalam meningkatkan kemampuan operasi bilangan dapat dilakukan dengan menggunakan game edukasi sebran. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian dengan menggunakan games edukasi sebran dalam meningkatkan aspek-aspek perkembangan lainnya, penelitian ini menjadi landasan penelitian lanjutan baik berhubungan dengan meningkatkan kemampuan operasi bilangan anak maupun penerapan games edukasi sebran agar diberikan games edukasi menarik lainnya yang dapat meningkatkan kemampuan operasi bilangan anak. Kata Kunci : Kemampuan Operasi Bilangan, Games Edukasi Sebran, Taman Kanak-kanak. The ability of operations number in TK Kartika XVI-1 Secapa AD has not improved optimal yet. This things seen by children ability when calculate, and just few children can doing simple addition and reduction. With this problem, researcher wants to apply number learning through sebran education games to improve ability of operation children in TK Kartika XVI-1 Secapa AD. This method used classroom action research (CAR) with the object as 19 children. According to result, as long as two cycles shows the number operating skill of children in TK Kartika XVI-1 Secapa AD significant improving as be expected. there are also recommendation from researcher to improve the ability of number operations of children, such as: school hopefully can provides learning facilities as computer that children can learn education games since beginning that can stimulus and improving number operating skill, can gives references in learning field especially in mathematics learning in PAUD. Teacher can stimulate the ability of number operation using interesting games, such as sembran education games that makes fun and exciting learn for children, as references that in improving of number operating skill can be applied by sembran education games. the next researcher hopefully can do research using sembran education gamesin improving the other abilities, this research become a principle next research like relation with number operating skill or applying of sebran education games that given the other education games that can improving number operating skill of children. Keywords: number operating skill, sebran education games, kindergarten. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB Theory and practice of education 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/22773/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/22773/