IMPLEMENTASI MODEL MASTERY LEARNING PADA MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun multimedia pembelajaran menggunakan model mastery learning berbasis adventure game pada mata kuliah Algoritma dan Pemrograman I serta memperoleh respon dari mahasiswa terhadap multimedia tersebut. Penelitian ini dilakukan sebagai solusi minimnya...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Setiawatri, Novi (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-01-04.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/22811/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05267 am a22003253u 4500
001 repoupi_22811
042 |a dc 
100 1 0 |a Setiawatri, Novi  |e author 
245 0 0 |a IMPLEMENTASI MODEL MASTERY LEARNING PADA MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA 
260 |c 2016-01-04. 
500 |a http://repository.upi.edu/22811/1/S_KOM_1104950_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22811/2/S_KOM_1104950_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22811/3/S_KOM_1104950_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22811/4/S_KOM_1104950_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22811/5/S_KOM_1104950_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22811/6/S_KOM_1104950_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22811/7/S_KOM_1104950_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22811/8/S_KOM_1104950_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22811/9/S_KOM_1104950_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22811/10/S_KOM_1104950_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun multimedia pembelajaran menggunakan model mastery learning berbasis adventure game pada mata kuliah Algoritma dan Pemrograman I serta memperoleh respon dari mahasiswa terhadap multimedia tersebut. Penelitian ini dilakukan sebagai solusi minimnya media pembelajaran interaktif bagi mahasiswa yang membutuhkan visualisasi nyata cara kerja algoritma sehingga diharapkan bisa membantu mahasiswa untuk memahami mata kuliah Algoritma dan Pemrograman I. Tahap pengembangan multimedia pembelajaran berbasis adventure game terdiri dari tahap analisis dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan perangkat lunak, implementasi, dan penilaian. Setelah melakukan pengembangan multimedia pembelajaran berbasis adventure game, diperoleh penilaian mahasiswa dan validasi ahli untuk kelayakan dalam menggunakan multimedia pembelajaran berbasis adventure game. Data penelitian multimedia pembelajaran berbasis adventure game didapatkan dari angket dan wawancara kepada dosen dan mahasiswa Ilmu Komputer UPI, angket validasi ahli terdiri dari validasi ahli media dan materi yang diberikan kepada dosen, dan angket penilaian mahasiswa terhadap multimedia pembelajaran berbasis adventure game. Dari penelitian ini didapatkan hasil: 1) penilaian ahli media atas multimedia pembelajaran berbasis adventure game adalah sebesar 90,33% dan dikategorikan sangat baik dan ahli materi atas multimedia pembelajaran berbasis adventure game adalah sebesar 73,75% dan dikategorikan baik, 2) mahasiswa memberikan respon positif mengenai multimedia pembelajaran berbasis adventure game dapat disimpulkan multimedia ini dapat memberikan dampak pada pemahaman mahasiswa dilihat dari adanya peningkatan rata-rata nilai dari dosen dibandingkan dengan nilai evaluasi akhir multimedia. Kelompok Atas mengalami peningkatan sebesar 0,66% yang memiliki kategori sedang, Kelompok Sedang sebesar 7,16% yang memiliki kategori tinggi, dan Kelompok Bawah sebesar 17,66% yang memiliki kategori tinggi. Kata kunci: Multimedia Pembelajaran, Mastery Learning, Adventure Game The research's purpose is to design and develop multimedia learning with mastery learning model base on adventure game to Algorithm and Programming I subject and get response from student about the multimedia.. The Research is done as a solution to the minim amount of interactive multimedia learning to student which provide realistic visualization of how an algorithm work so that can help student to comprehend Algorithm and Programming I subject. The development phase of multimedia learning base on adventure game consist of analysis phase and collecting data, design, software development, implementation, and evaluation. After development phase have been done, student judgment and expert feasibility validation is collected. Multimedia base on adventure game research data is collected from questionnaire and interview to lecturer and computer science UPI students, expert validation questionnaire consist of material given by lecturer and multimedia students judgment to multimedia learning base on adventure game questionnaire. From this research, we got result list as below : 1) Media expert judgement to multimedia learning base on adventure game is 90,33% and categorize as very good and material expert judgment to multimedia learning base on adventure game is 73,75% and categorize as good, 2) Student give positive response about multimedia learning base on adventure game and conclude that this multimedia can give an effect to student comprehension, proved by greater mean score from lecturer than final evaluation score from multimedia. Top group got 0,66% improvement categorize as medium, Medium group got 7,16% improvement categorize as high, and Low group got 17,66% improvement categorize as high. Keyword: Multimedia Learning, Mastery Learning, Adventure Game 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB2300 Higher Education 
690 |a T Technology (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/22811/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/22811/