PENGARUH PENDEKATAN PERMAINAN GAMES SITUATION DALAM PEMBELAJARAN BOLAVOLI TERHADAP PENGEMBANGAN NILAI KERJASAMA SISWA SMA PASUNDAN 1 BANDUNG

Permainan menyenangkan yang inovatif diharapkan bisa membuat siswa menjadi bersemangat dan tumbuh nilai kerjasama dalam proses pembelajaran permainan bolavoli, pendekatan permainan bolavoli yang bisa dipakai dalam pembelajaran permainan bolavoli ialah pendekatan permainan games situation atau bisa d...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Suwanda, Fatah Ibrahim (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-01-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2287/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04825 am a22003253u 4500
001 repoupi_22870
042 |a dc 
100 1 0 |a Suwanda, Fatah Ibrahim  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH PENDEKATAN PERMAINAN GAMES SITUATION DALAM PEMBELAJARAN BOLAVOLI TERHADAP PENGEMBANGAN NILAI KERJASAMA SISWA SMA PASUNDAN 1 BANDUNG 
260 |c 2016-01-28. 
500 |a http://repository.upi.edu/22870/1/S_PJKR_1102492_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22870/2/S_PJKR_1102492_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22870/3/S_PJKR_1102492_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22870/4/S_PJKR_1102492_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22870/5/S_PJKR_1102492_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22870/6/S_PJKR_1102492_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22870/7/S_PJKR_1102492_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22870/8/S_PJKR_1102492_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22870/9/S_PJKR_1102492_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22870/10/S_PJKR_1102492_Appendix.pdf 
520 |a Permainan menyenangkan yang inovatif diharapkan bisa membuat siswa menjadi bersemangat dan tumbuh nilai kerjasama dalam proses pembelajaran permainan bolavoli, pendekatan permainan bolavoli yang bisa dipakai dalam pembelajaran permainan bolavoli ialah pendekatan permainan games situation atau bisa dikatakan situasi bermain. Penggunaan pendekatan permainan yang variatif dan sesuai sangat dibutuhkan. Masalah dalam penelitian ini sejauh mana pengaruh pendekatan permainan games situation dalam pemabelajaran bolavoli terhadap pengembangan nilai kerjasama siswa SMA Pasundan 1 Bandung. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Desain. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti pada ekstrakulikuler bolavoli di SMA Pasundan 1 Bandung sebayak 25 siswa. Instrumen pengambilan data dengan tes hasil bermain bolavoli GPAI ( Games performance assessment instrument )dari Griffin, Mitchael, & Oslin (1997) dalam Michael W. Metzler, dan angket dari Arikunto. Hasil pengolahan data dan uji hipotesis menunjukan peningkatan hasil nilai kerjasama pada siswa yang mengikuti ekstrakulikuler bolavoli kelompok eksperimen, berdasarkan nilai distribusi tabel pada taraf signifikansi α = 0.05 dengan dk = 15, Ftabel 2.131, nilai T hitung adalah 6.325 maka Fhitung >Ftabel yaitu (6.325 > 2.131). Dan hasil pengujian penilaian GPAI (Games Performance Assesment Instrument) thitung= 4.27 >ttabel = 1.74. Pendekatan permaian games situation memberikan pengaruh yang signifikan dalam pembelajaran bolavoli terhadap pengembangan nilai kerjsama siswa SMA Pasundan 1 Bandung Kata Kunci : Pendekatan Permainan Games Situation, Pengembangan Nilai Kerjasama. Innovative fun game to make students become excited and grow the value of cooperation in the learning process volleyball game, volleyball game approaches that can be used in the game of volleyball is to approach learning games game situation or situation can be said to play. The use of varied approaches and appropriate games are needed. Problems in this study the extent of influence approach play volleyball games in the learning situation for the development of high school students the value of cooperation Sundanese 1 Bandung. The method used is the method of experimental design pretest-posttest control group design. The sample in this research is the students who take the volleyball in high school extracurricular Bandung Sundanese 1 sebayak 25 students. Instrument data retrieval with test results GPAI playing volleyball (Games performance assessment instrument) of Griffin, Mitchael, and Oslin (1997) in Michael W. Metzler, and questionnaires from Arikunto. The data processing and hypothesis testing showed increased yields values of cooperation on students who take extracurricular volleyball experimental group, based on the value of the distribution table at significance level α = 0:05 with df = 15, Ftabel 2131, the value of T count is 6325 then Fhitung> Ftable is (6325 > 2,131). GPAI assessment and test results (Games Performance Assessment Instrument) t count = 4.27> t table = 1.74. Approach games game situation have a significant influence on the development of volleyball in teaching high school students the value of cooperation Pasundan 1 Bandung. Keywords: Games Approach Situation, Development Cooperation Value. 
546 |a en 
690 |a GV Recreation Leisure 
690 |a LB Theory and practice of education 
690 |a LB1603 Secondary Education. High schools 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/22870/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/2287/