PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM UPAYA MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN BERMAIN PADA PERMAINAN SEPAKBOLA DI SMPN 45 BANDUNG : Studi Penelitian Tindakan Kelas Siswa Kelas VII E SMP Negeri 45 Bandung

Pemahaman merupakan hal yang perlu diperhatikan oleh setiap pendidik sebagai salah satu tujuan yang perlu dicapai dalam pembelajaran. Pemahaman cara bermain sepakbola sangat mempengaruhi pada proses pembelajaran permainan sepakbola, untuk itu perlu diketahui hal-hal yang dapat meningkatkan pemahaman...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Raharjo, Ari Hardianto (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-01-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/22874/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04307 am a22003253u 4500
001 repoupi_22874
042 |a dc 
100 1 0 |a Raharjo, Ari Hardianto  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM UPAYA MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN BERMAIN PADA PERMAINAN SEPAKBOLA DI SMPN 45 BANDUNG : Studi Penelitian Tindakan Kelas Siswa Kelas VII E SMP Negeri 45 Bandung 
260 |c 2016-01-28. 
500 |a http://repository.upi.edu/22874/1/S_PJKR_1102081_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22874/2/S_PJKR_1102081_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22874/3/S_PJKR_1102081_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22874/4/S_PJKR_1102081_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22874/5/S_PJKR_1102081_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22874/6/S_PJKR_1102081_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22874/7/S_PJKR_1102081_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22874/8/S_PJKR_1102081_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22874/9/S_PJKR_1102081_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22874/10/S_PJKR_1102081_Appendix.pdf 
520 |a Pemahaman merupakan hal yang perlu diperhatikan oleh setiap pendidik sebagai salah satu tujuan yang perlu dicapai dalam pembelajaran. Pemahaman cara bermain sepakbola sangat mempengaruhi pada proses pembelajaran permainan sepakbola, untuk itu perlu diketahui hal-hal yang dapat meningkatkan pemahaman bermain siswa dalam proses pembelajaran permainan sepakbola diantaranya dalam penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri (inquiry). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran inkuiri dapat mengembangkan pemahaman bermain siswa dalam aktivitas permainan sepakbola di SMP Negeri 45 Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan rancangan model Kurt Lewin. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMP Negeri 45 Bandung yang berjumlah 40 orang kelas VII E. Sampel yang diambil 40 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Games Performance Assesment Instrumen (GPAI). Hasil observasi, pengolahan data dan analisis data pemahaman bermain sepakbola siswa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terdapat peningkatan yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri (inquiry) pada pembelajaran permainan sepakbola dapat meningkatkan pemahaman bermain siswa SMP Negeri 45 Bandung. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inquiry, Pemahaman, Bermain Sepakbola. Understanding indeed is a matter that need to be noted for every lecturer as one of goal that need to be achieved in learning process. Understanding in how to play football is very affecting in the learning process football game, therefore it necessary to know things that could increasing the game understanding for the student in the process of learning the football game including in this study is Inquiry Learning Model (inquiry). This study aims to determine wether the application of inquiry learning model can develop the game understanding of the student in the football game activity in SMP Negeri 45 Bandung. The study method that used is Study Action Class by using model plan of Kurt Lewin. Population on this study is the students of SMP Negeri 45 Bandung from total 40 student in class VII E. Sample been taken from 40 people. The instrument study that being used is Games Performance Assesment Instrumen (GPAI). Observation result, data processing and data analysis of the student football game understanding by applying inquiry learning model there is a significant increase. Based on the study result can be concluded that Inquiry learning model application (inquiry) in the learning process of football game can increase the understanding of the students play in SMP Negeri 45 Bandung. Key Word: Inquiry Learning Model, Understanding, Play Football. 
546 |a en 
690 |a GV Recreation Leisure 
690 |a LB Theory and practice of education 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/22874/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/22874/