IDENTIFIKASI KONSEP DIRI ANAK USIA DINI PADA KEGIATAN MENGGAMBAR DI TK AISYIYAH 1 SERANG

Menggambar adalah kegiatan yang sangat menyenangkan bagi anak usia dini, menggambar juga merupakan media bagi manusia untuk mencurahkan perasaan dan pikiran-pikirannya yang dituangkan dalam sebuah karya berbentuk dua dimensi. Selain itu, hal lain yang esensial dikembangkan sejak usia dini adalah kon...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: az zahra, ihda qonia (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-02-13.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/22934/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Menggambar adalah kegiatan yang sangat menyenangkan bagi anak usia dini, menggambar juga merupakan media bagi manusia untuk mencurahkan perasaan dan pikiran-pikirannya yang dituangkan dalam sebuah karya berbentuk dua dimensi. Selain itu, hal lain yang esensial dikembangkan sejak usia dini adalah konsep diri. Konsep diri merupakan pandangan individu atas dirinya sendiri mengenai perasaan, kepercayaan dan penilaiannya terhadap diri sendiri. Dengan teridentifikasinya konsep diri anak usia dini khususnya melalui kegiatan menggambar, diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi guru, orang tua maupun sekolah untuk dapat mengembangkan konsep diri anak ke arah yang positif. Atas dasar hal-hal di ataslah penelitian ini dilatarbelakangi. Penelitian yang membahas mengenai konsep diri dan kegiatan menggambar ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif studi kasus. Penelitian ini dilakukan di TK Aisyiyah 1 Serang dengan jumlah partisipan sebanyak 4 anak. Wawancara, observasi, dan dokumentasi adalah metode pengumpulan data pada penelitian ini. Berdasarkan pengumpulan data tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan menggambar dapat digunakan sebagai media untuk mengidentifikasi konsep diri anak usia dini. Selain itu kegiatan menggambar juga dapat digunakan untuk mengembangkan konsep diri positif pada anak usia dini.
Item Description:http://repository.upi.edu/22934/1/S_KDSERANG_PGPAUD_1203423_Tittle.pdf
http://repository.upi.edu/22934/2/S_KDSERANG_PGPAUD_1203423_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/22934/3/S_KDSERANG_PGPAUD_1203423_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/22934/4/S_KDSERANG_PGPAUD_1203423_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/22934/5/S_KDSERANG_PGPAUD_1203423_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/22934/6/S_KDSERANG_PGPAUD_1203423_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/22934/7/S_KDSERANG_PGPAUD_1203423_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/22934/8/S_KDSERANG_PGPAUD_1203423_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/22934/9/S_KDSERANG_PGPAUD_1203423_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/22934/10/S_KDSERANG_PGPAUD_1203423_Appendix.pdf