PENERAPAN METODE BERCERITA UNTUK MENGOPTIMALKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI

Penelitian ini berawal dari asumsi pentingnya mengoptimalkan perkembangan bahasa anak usia dini melalui pembelajaran yang tidak hanya membantu perkembangannya namun juga membuat anak merasa senang. Salah satu solusi untuk mengoptimalkan perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun adalah dengan menggunak...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: herawati, nur (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-02-13.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/22937/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02588 am a22002893u 4500
001 repoupi_22937
042 |a dc 
100 1 0 |a herawati, nur  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN METODE BERCERITA UNTUK MENGOPTIMALKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI 
260 |c 2017-02-13. 
500 |a http://repository.upi.edu/22937/1/S_KDSERANG_PGPAUD_1205686_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22937/2/S_KDSERANG_PGPAUD_1205685_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22937/3/S_KDSERANG_PGPAUD_1205685_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22937/4/S_KDSERANG_PGPAUD_1205686_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22937/5/S_KDSERANG_PGPAUD_1205686_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22937/6/S_KDSERANG_PGPAUD_1205686_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22937/7/S_KDSERANG_PGPAUD_1205686_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22937/8/S_KDSERANG_PGPAUD_1205686_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22937/9/S_KDSERANG_PGPAUD_1205686_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22937/10/S_KDSERANG_PGPAUD_1205686_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini berawal dari asumsi pentingnya mengoptimalkan perkembangan bahasa anak usia dini melalui pembelajaran yang tidak hanya membantu perkembangannya namun juga membuat anak merasa senang. Salah satu solusi untuk mengoptimalkan perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun adalah dengan menggunakan metode bercerita. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, jenis Pre-Eksperimental Design, yaitu One-Group Pre-test Post-test Design. Instrumen yang digunakan yaitu rating scale. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan perhitungan statistika, uji normalitas, uji homogenitas dan uji t-test. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kosakata, kemampuan sintaksis, dan kemampuan semantik. Kegiatan pembelajaran yang menggunakan metode bercerita anak usia dini melalui hal ini terlihat dari nilai rata-rata pada pre-test 6.29 menjadi nilai rata-rata pada post-test 11.07. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bercerita dapat mengoptimalkan perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di kelompok B TK Putra II Serang tahun ajaran 2015/2016. Rekomendasi penelitian di khususkan untuk (1) Kepala Sekolah, (2) Guru, (3) Orang tua, dan (4) Peneliti Selanjutnya. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/22937/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/22937/