PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA DINI USIA 4-5 TAHUN DI KELOMPOK A TK PUTRA II SERANG TAHUN AJARAN 2015/2016

Penelitian ini didasari karena rendahnya kemampuan berhitung permulaan anak usia dini pada rentang usia 4-5 tahun. Dalam pembelajaran berhitung permulaan anak kebanyakan guru hanya memberikan dengan tanya jawab kepada anak tidak menggunakan media yang nyata hal itu menyebabkan anak dalam pembelajara...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: yeni, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-02-13.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/22941/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02806 am a22002893u 4500
001 repoupi_22941
042 |a dc 
100 1 0 |a yeni, -  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA DINI USIA 4-5 TAHUN DI KELOMPOK A TK PUTRA II SERANG TAHUN AJARAN 2015/2016 
260 |c 2017-02-13. 
500 |a http://repository.upi.edu/22941/1/S_KDSERANG_PG%20PAUD_1203429_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22941/2/S_KDSERANG_PG%20PAUD_1203429_Abstrack.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22941/3/S_KDSERANG_PG%20PAUD_1203429_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22941/4/S_KDSERANG_PG%20PAUD_1203429_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22941/5/S_KDSERANG_PG%20PAUD_1203429_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22941/6/S_KDSERANG_PG%20PAUD_1203429_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22941/7/S_KDSERANG_PG%20PAUD_1203429_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22941/8/S_KDSERANG_PG%20PAUD_1203429_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22941/9/S_KDSERANG_PG%20PAUD_1203429_Bibiografi.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22941/10/S_KDSERANG_PG%20PAUD_1203429_Apendix.pdf 
520 |a Penelitian ini didasari karena rendahnya kemampuan berhitung permulaan anak usia dini pada rentang usia 4-5 tahun. Dalam pembelajaran berhitung permulaan anak kebanyakan guru hanya memberikan dengan tanya jawab kepada anak tidak menggunakan media yang nyata hal itu menyebabkan anak dalam pembelajaran berhitung tersebut merasa bosan dan jenuh dan tidak semangat untuk mengikuti pembelajaran. Dengan mengatasi permasalahan anak tersebut salah satu media yang mampu membantu kemampuan berhitung permulaan anak yaitu melalui media permainan tradisional congklak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berhitung permulaan yang meliputi kemampuan mengurutkan dan berhitung yaitu operasi penjumlahan dan pengurangan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan yaitu menggunakan pre-eksperimen dengan menggunakan desain one group pretest-posttest. Populasi yang digunakan yaitu TK PUTRA II Serang, sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu kelompok A sebanyak 15 orang anak. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan pedoman tes, skala sikap anak dan wawancara. Hasil dalam penelitian ini menunjukan adanya pengaruh permainan tradisional congklak terhadap kemampuan berhitung permulaan anak usia dini di TK PUTRA II Serang hal ini terlihat dari analisis hasil Uji-t. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/22941/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/22941/