PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE-OUTSIDE CIRCLE (IOC) PADA KONSEP PERISTIWA ALAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN XI CILEGON

Dari hasil observasi yang dilakukan di kelas V SD Negeri XI Cilegon, banyak siswa yang mendapatkan nilai IPA masih dibawah standar yang ditetapkan sekolah. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu siswa kelas V, proses belajar IPA di kelas membosankan.Salah satu penyebabnya adalah kurang variat...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: rodiah, aisatul (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-02-14.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/22944/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Dari hasil observasi yang dilakukan di kelas V SD Negeri XI Cilegon, banyak siswa yang mendapatkan nilai IPA masih dibawah standar yang ditetapkan sekolah. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu siswa kelas V, proses belajar IPA di kelas membosankan.Salah satu penyebabnya adalah kurang variatifnya metode pembelajaran yang digunakan di kelas. Belajar bagi siswa merupakan aktivitas yang tidak menyenangkan karena siswa diminta duduk berjam-jam untuk fokus pada materi yang dijelaskan oleh guru. Pada usia sekolah dasar, kemampuan intelektual anak pada masa ini sudah cukup untuk menjadi dasar diberikannya berbagai kecakapan yang dapat mengembangkan pola pikirnya. Untuk mengembangkan daya pikirnya, guru dapat melatih anak untuk mengungkapkan pendapat, gagasan, atau penilaiannya terhadap berbagai hal, baik yang pernah ia alami langsung, maupun peristiwa yang terjadi di lingkungannya. Dalam rangka mengembangkan kemampuan anak, dalam hal ini sebaiknya diberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapan pendapatnya dan memberikan komentar. Dari permasalahan tersebut, perlu adanya suatu model pembelajaran yang membuat siswa aktif dan membuat siswa membangun sendiri pengetahuan-pengatahuan yang merekamiliki, sehingga materi IPA yang dipelajari dapat dengan mudah dipahami siswa, melekat pada ingatan siswa, serta menghasilkan skor hasil belajar di atas standar yang ditetapkan oleh sekolah. Salah satu model pembelajaran yang menitikberatkan kepada siswa dan siswa menjadi aktif dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar adalah model Inside-Outside Circle.Menurut Lie (2014). Inilah yang melatarbelakangi dilakukannya penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle pada konsep peristiwa alam terhadap hasil belajar siswa.Model penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaituPre Eksperimental Design jenis one group pre-test post-test dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas V SDN XI Cilegon. Hasil pre-test dan post-test menunjukan bahwa baik dari jumlah nilai maupun rata-rata mengalamipeningkatan yang signifikan. Jumlah nilai meningkat sebesar 530 poin, sehingga perolehan nilai rata-rata meningkat dari 54,25 menjadi 80,75. Hasil tes diperkuat pula dengan hasil observasi dan wawancara terhadap sampel penelitian yang menunjukan pada tingkat klasifikasi baik. Begitu pula dengan uji t menggunakan bantuan program SPSS 16, diperoleh t hitungsebesar -14,300 lebih kecil dari t tabel sebesar 2,000 atau -14,300 < - 2,000 yang menunjukan bahwa t hitung signifikan. Sehingga secara keseluruhan, data penelitian yang telah dianalisis memperlihatkan hasil sama yaitu baik. Dengan demikian, penelitian ini menunjukan adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran Inside Outside Circle pada konsep peristiwa alam terhadap hasil belajar siswa di kelas V SDN XI Cilegon.
Item Description:http://repository.upi.edu/22944/1/S_KDSERANG_IPA_1203924_Title.pdf
http://repository.upi.edu/22944/2/S_KDSERANG_IPA_1203924_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/22944/3/S_KDSERANG_IPA_1203924_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/22944/4/S_KDSERANG_IPA_1203924_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/22944/5/S_KDSERANG_IPA_1203924_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/22944/6/S_KDSERANG_IPA_1203924_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/22944/7/S_KDSERANG_IPA_1203924_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/22944/8/S_KDSERANG_IPA_1203924_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/22944/9/S_KDSERANG_IPA_1203924_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/22944/10/S_KDSERANG_IPA_1203924_Appendix.pdf