PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA TENTANG STRUKTUR BUMI DAN MATAHARI

Latarbelakang dilakukan kegiatan penelitian pada kelas V SD Negeri Pereng karena pertisipasi belajar dan hasil belajar siswanya rendah. Selain dari pada itu teknik mengajar guru yang selalu diberikan begitu membosankan dan tidak menarik perhatian siswa untuk ikut andil dalam kegiatan proses belajar...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: sopiyandi, dendi (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-02-14.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/22949/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02913 am a22002893u 4500
001 repoupi_22949
042 |a dc 
100 1 0 |a sopiyandi, dendi  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA TENTANG STRUKTUR BUMI DAN MATAHARI 
260 |c 2017-02-14. 
500 |a http://repository.upi.edu/22949/1/S_KDSERANG_IPA_1206408_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22949/2/S_KDSERANG_IPA_1206408_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22949/3/S_KDSERANG_IPA_1206408_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22949/4/S_KDSERANG_IPA_1206408_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22949/5/S_KDSERANG_IPA_1206408_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22949/6/S_KDSERANG_IPA_1206408_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22949/7/S_KDSERANG_IPA_1206408_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22949/8/S_KDSERANG_IPA_1206408_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22949/9/S_KDSERANG_IPA_1206408_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22949/10/S_KDSERANG_IPA_1206408_Apperidix.pdf 
520 |a Latarbelakang dilakukan kegiatan penelitian pada kelas V SD Negeri Pereng karena pertisipasi belajar dan hasil belajar siswanya rendah. Selain dari pada itu teknik mengajar guru yang selalu diberikan begitu membosankan dan tidak menarik perhatian siswa untuk ikut andil dalam kegiatan proses belajar mengajar yang selama ini guru beri kepada siswa. Berangkat dari hal tersebut sebagai calon guru baiknya melakukan penelitian tindakan kelas, penelitian ini dilaksanakan pada mata pelajaran IPA tentang struktur bumi dan matahari dengan menerapkan model pembelajaran Team games Tournament (TGT) untuk meningkatkan partisipasi belajar dan hasil belajar siswa. Metode yang dipergunkan berasal dari kemmisand mctegart dengan teknik data yang dikumpulkan adalah observasi and wawancara. Kemudian dilaksanakan penelitian, dari sini mendapatkan hasil meningkatnya partisipasi belajar dan hasil belajar siswa saat silkus 1 sampai silkus 2 yang datanya sebesar 68% meningkat jadi 82% (partisipasi) dan rata - rata nilai dari 65 menjadi 73,07 serta presentase tuntas belajarnya sebesar 42,3% atau 11 orang meningkat jadi 88,5% atau 23 orang. Karena hasilnya telah diketahui secara garis luasnya dapat disimpulkan untuk mendapatkan peningkatan partisipasi belajar dan hasil belajar siswa guru dapat menerapkan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) saat mata pelajaran IPA tentang struktur bumi dan matahari akan dilaksanakan. Dan dapat menjadi rekomendasi bagi pihak sekolah dan guru. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/22949/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/22949/