IDENTIFIKASI PEMAHAMAN SISWA PADA KONSEP BANJIR MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA SEDERHANA

Judul penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan media pembelajaran yang tersedia disekolah membuat pembelajaran konsep banjir menjadi rumit untuk dipahami, bahkan guru seolah binggung mengemas pembelajaran agar menarik dan aktif, ujungnya guru kerap kali meggunakan metode ceramah pada setiap...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: futihat, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-02-14.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/22959/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03182 am a22002893u 4500
001 repoupi_22959
042 |a dc 
100 1 0 |a futihat, -  |e author 
245 0 0 |a IDENTIFIKASI PEMAHAMAN SISWA PADA KONSEP BANJIR MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA SEDERHANA 
260 |c 2017-02-14. 
500 |a http://repository.upi.edu/22959/1/S_KDSERANG_IPA_1203410_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22959/2/S_KDSERANG_IPA_1203410_Abstrak.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22959/3/S_KDSERANG_IPA_1203410_Table_of_contents.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22959/4/S_KDSERANG_IPA_1203410_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22959/5/S_KDSERANG_IPA_1203410_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22959/6/S_KDSERANG_IPA_1203410_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22959/7/S_KDSERANG_IPA_1203410_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22959/8/S_KDSERANG_IPA_1203410_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22959/9/S_KDSERANG_IPA_1203410_Bibliografi.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22959/10/S_KDSERANG_IPA_1203410_Appendix.pdf 
520 |a Judul penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan media pembelajaran yang tersedia disekolah membuat pembelajaran konsep banjir menjadi rumit untuk dipahami, bahkan guru seolah binggung mengemas pembelajaran agar menarik dan aktif, ujungnya guru kerap kali meggunakan metode ceramah pada setiap pembelajaran. Hal ini berdampak rendahya pemahaman siswa. Maka dalam mengatasi situasi tersebut dilakukan penelitian berupa Identifikasi Pemahaman Siswa Pada Konsep Banjir Melalui Pendekatan Problem Based Learning Berbantuan Media Sederhana. Penghubungan antara konsep sifat-sifat air dilebur kedalam konsep banjir menjadi kunci suatu konsep yang mesti dipahami. Media sederhana yang digunakan dalam pembelajaran berupa botol plastic, kapas, piring dan air serta sampah pelastik. Kemudian pembelajaran dikemas untuk mengatasi masalah yang terjadi di lingkungan sekitar. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi pola pemahaman siswa pada konsep banjir dengan cara mengelompokan ragam pemahaman siswa menjadi 3 kelompok yaitu kelompok pemahaman 1, pemahaman 2 dan pemahaman 3. Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) karena ditunjukan dengan signifikannya perkembangan siswa melalui peningkatan pola pemahaman serta bertambahnya siswa yang termasuk dalam kelompok pemahaman tingkat tinggi. Melalui identifikasi jawaban siswa pada Lembar Kerja Siswa (LKS) teridentifikasi pemahaman 1 meningkat dari 12 menjadi 32 orang, pemahaman 2 menurun dari 14 menjadi 4 orang sedangkan pemahaman 3 dari 12 menjadi 2 orang. Dari pemahaman yang teridentifiasi, maka simpulan penelitian ini berhasil karena adanya pertambahan siswa yang masuk kedalam kelompok pemahaman 1. Artinya penerapan metode Problem Based Learning berbantuan media sederhana dapat teridentifikasi peningkatan kualitas pemahaman. 
546 |a en 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/22959/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/22959/