Pengaruh Penggunaan Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar pada Materi Perubahan dan Pengaruh Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa

Mata pelajaran IPA merupakan salah satu pembelajaran di sekolah dasar yang selalu menekankan pada seluruh kejadian di alam semesta. Namun yang terlihat dilapangan, proses pembelajaan yang dilaksanakan masih menggunakan pembelajaran konvensional, yang membuat anak di dalam kelas merasa bosan dan jenu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: syahputra, mohammad reza (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-02-14.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/22964/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Mata pelajaran IPA merupakan salah satu pembelajaran di sekolah dasar yang selalu menekankan pada seluruh kejadian di alam semesta. Namun yang terlihat dilapangan, proses pembelajaan yang dilaksanakan masih menggunakan pembelajaran konvensional, yang membuat anak di dalam kelas merasa bosan dan jenuh dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga siswa sulit untuk menangkap materi yang disampaikan. Oleh karena itu, di dalam penelitian ini ingin melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan lingkungan alam sekitar untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa jika pembelajaran yang dilakukan menggunakan pendekatan tersebut. Sempel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV A di SDN Ranca tales sebagai kelas eksperimen. Metode yang akan digunakan merupakan metode eksperimen dengan desain pre-eksperimental, teknik pengumpulan datanya melalu pretest dan posttest yang dilakukan di satu kelas sebagai kelompok eksperimen. Dari hasil yang sudah di analisis, maka diperoleh hasil temuan yang dapat disimpulkan bahwa pendekatan lingkungan alam sekitar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dikarenakan nilai rata-rata sebelum diberikan perlakuan dengan hasil sesudah diberikan perlakuan mengalami peningkatan, yaitu 48,80 menjadi 74,80 dari jumlah keseluruhan 25 siswa. Semua sempel dalam penelitian ini mengalami peningkatan pada hasil belajarnya yang sudah dibuktikan dengan uji gain sebelumnya. Setelah hasil analisis di dapat, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan lingkungan alam sekitar pada materi perubahan dan pengaruh lingkungan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IVA di SDN Ranca Tales. Dari hasil yang sudah didapat dalam penelitian ini, maka direkomendasikan pada para pendidik untuk lebih jelih dalam mengemas pembelajaran yang menarik dan dapat mengajak siswa untuk berperan aktif di dalam proses pembelajaran sehingga siswa mampu mengembangkan kemampuan dalam dirinya.
Item Description:http://repository.upi.edu/22964/1/S_KDSERANG_IPA_1203759_Title.pdf
http://repository.upi.edu/22964/2/S_KDSERANG_IPA_1203759_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/22964/3/S_KDSERANG_IPA_1203759_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/22964/4/S_KDSERANG_IPA_1203759_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/22964/5/S_KDSERANG_IPA_1203759_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/22964/6/S_KDSERANG_IPA_1203759_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/22964/7/S_KDSERANG_IPA_1203759_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/22964/8/S_KDSERANG_IPA_1203759_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/22964/9/S_KDSERANG_IPA_1203759_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/22964/10/S_KDSERANG_IPA_1203759_Appendix.pdf