PENGARUH PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA TENTANG KONSEP PEMBENTUKAN TANAH

Metode pembelajaran IPA secara konvensional yang masih banyak dilakukan oleh para guru dapat menyebabkan siswa merasa bosan serta jenuh dan tidak dapat melatih kreativitas siswa.Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa melalui model Group Investigation (GI). Penggunaan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: putri, merisa (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2017-02-13.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/22967/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03124 am a22002893u 4500
001 repoupi_22967
042 |a dc 
100 1 0 |a putri, merisa  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA TENTANG KONSEP PEMBENTUKAN TANAH 
260 |c 2017-02-13. 
500 |a http://repository.upi.edu/22967/1/S_KDSERANG_IPA_1206398_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22967/2/S_KDSERANG_IPA_1206398_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22967/3/S_KDSERANG_IPA_1206398_Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22967/4/S_KDSERANG_IPA_1206398_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22967/5/S_KDSERANG_IPA_1206398_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22967/6/S_KDSERANG_IPA_1206398_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22967/7/S_KDSERANG_IPA_1206398_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22967/8/S_KDSERANG_IPA_1206398_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22967/9/S_KDSERANG_IPA_1206398_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22967/10/S_KDSERANG_IPA_1206398_Appendix.pdf 
520 |a Metode pembelajaran IPA secara konvensional yang masih banyak dilakukan oleh para guru dapat menyebabkan siswa merasa bosan serta jenuh dan tidak dapat melatih kreativitas siswa.Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa melalui model Group Investigation (GI). Penggunaan model merupakan salah satu cara untuk membuat anak menjadi tertarik mengikuti pembelajaran dengan baik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Tahapan pembelajaran Group Investigation (GI) yaitu: 1) Guru memberikan studi kasus; 2) Guru membagisiswa menjadi beberapa kelompok; 3) Siswa melaksanakan sebuah investigasi; 4) Siswa membuat laporan hasil investigasi; 5) Siswa melaporkan hasil investigasi didepan kelas. Eksperi mensederhana yang diterapkan pada mata pelajaran diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen. Selanjutnya penelitian ini melakukan observasi dan wawancara kepada siswa dan guru disertai butir soal tes untuk menguji kemampuan belajar siswa.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: 1) Nilai rata-rata pretest dan posttest dikelas eksperimen 56,00 dan 81,40;2)Nilai rata-rata pretest dan posttest dikelas kontrol 53,00 dan 69,40. Nilai siswa dikelas eksperimen menunjukkan peningkatan yang signifikandari mulai pretes-posttest dibandingkan di kelas kontrol.Hasil observasi dan wawancara pun menunjukkan siswa memiliki antusias yang tinggi terhadap pembelajaran, terutama pada saat dilakukannya percobaan sederhana.Berdasarkan hal tersebut, bahwa peneliian dengan menggunakan model ini dapat dinyatakan berhasil meningkatkan kreativitas belajar siswa. 
546 |a en 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/22967/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/22967/