PENGARUH LATIHAN MENGGAMBAR TEKNIK MOZAIK TERHADAP PENINGKATAN KONSENTRASI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB C BUDI NURANI KOTA SUKABUMI

Anak tunagrahita ringan yaitu anak yang mempunyai fungsi intelektual di bawah rata-rata dan disertai dengan kekurangan dalam penyesuaian tingkah laku, adanya hambatan perkembangan intelegensi, mental, emosi, sosial dan fisik. Karakteristik anak tunagrahita ringan yaitu memiliki masalah dalam memusat...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Mutiarawati, Shinta Dwi (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2015-04-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/22984/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05272 am a22003133u 4500
001 repoupi_22984
042 |a dc 
100 1 0 |a Mutiarawati, Shinta Dwi  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH LATIHAN MENGGAMBAR TEKNIK MOZAIK TERHADAP PENINGKATAN KONSENTRASI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB C BUDI NURANI KOTA SUKABUMI 
260 |c 2015-04-29. 
500 |a http://repository.upi.edu/22984/1/S_PLB_1106651_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22984/2/S_PLB_1106651_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22984/3/S_PLB_1106651_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22984/4/S_PLB_1106651_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22984/5/S_PLB_1106651_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22984/6/S_PLB_1106651_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22984/7/S_PLB_1106651_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22984/8/S_PLB_1106651_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22984/9/S_PLB_1106651_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/22984/10/S_PLB_1106651_Appendix.pdf 
520 |a Anak tunagrahita ringan yaitu anak yang mempunyai fungsi intelektual di bawah rata-rata dan disertai dengan kekurangan dalam penyesuaian tingkah laku, adanya hambatan perkembangan intelegensi, mental, emosi, sosial dan fisik. Karakteristik anak tunagrahita ringan yaitu memiliki masalah dalam memusatkan perhatiannya secara konsisten. Untuk membantu meningkatkan kemampuan konsentrasi anak tunagrahita ringan, dibutuhkan suatu latihan yang dapat membantu meningkatkan kemampuan konsentrasi. Dimana latihan menggambar teknik mozaik adalah kegiatan atau aktivitas menggambar dengan teknik menempel kepingan-kepingan kertas sesuai dengan pola pada media gambar berdasarkan dengan perintah yang dilakukan secara berulang-ulang dan terus menerus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan Single Subject Research (SSR), dengan desain penelitian A-B-A, yang memiliki tiga fase yaitu Baseline-1 (A-1), Intervensi, Baseline-2 (A-2). Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan statistik deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada satu subjek anak tunagrahita ringan yang memiliki hambatan dalam konsentrasi. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil pengolahan data, maka diketahui secara keseluruhan bahwa setelah diberi intervensi menggunakan latihan menggambar teknik mozaik memperlihatkan adanya peningkatan terhadap kemampuan konsentrasi anak tunagrahita ringan kelas empat tingkat SDLB. Mean level subjek CV pada kemampuan konsentrasi mengalami peningkatan Baseline-1 (A-1) adalah 23 detik, Intervensi (B) adalah 24,3 detik dan Baseline-2 (A-2) adalah 30 detik. Peningkatan tersebut menandakan bahwa adanya pengaruh dari intervensi yang diberikan yaitu latihan menggambar teknik mozaik, karena didalam permainan ini menuntut ketelitian, ketekunan ketika anak diharuskan menempel potongan kertas pada pola gambar yang telah disediakan sesuai dengan perintah. Kata Kunci : Tunagrahita Ringan, Konsentrasi, Latihan Menggambar Teknik Mozaik. Mild mental retardation children are children who have intellectual functioning below average and is accompanied by deficiencies in adaptive behaviors, the existence of barriers to the development of intelligence, mental, emotional, social and physical. One of their characteristics that they have problems in concentrating consistently. To help improve the child's ability to concentrate it needs a special exercise. The mosaic technique drawing exercise is one of it. The mosaic technique drawing exercise is an activity or activities with engineering drawing sticking pieces of paper according to the pattern on the media images based on the command carried out repeatedly and continuously. This study using an experimental method Single Subject Research (SSR) with ABA design , which has three phases: Baseline-1 (A-1), Intervention, Baseline-2 (A-2). Data collected was processed using descriptive statistics. This research was conducted on the subject of mild mental retardation children who have barriers in concentration. Based on the research results and the data processing, it is known that after being given a training intervention using a mosaic technique shows an increase in the concentration ability of mild mental retardation child at the elementary level of special school grade four. Mean level of the subject research (named CV) in consentration ability increased which are 23 second at Baseline-1 (A-1) , 24,3 second at Intervention (B) and 30 second at Baseline-2 (A-2). Such increase indicates that the intervention has work. The mosaic technique drawing exercise influence to the concentration because in this game requires precision, patience when children are required to stick bits of paper on the pattern of the image that has been provided in accordance with the command. Keywords : Mild Mental Retarded, Concentration, Mosaic Technique Drawing Exercise 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LC Special aspects of education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/22984/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/22984/