PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM KONSEP PERUBAHAN WUJUD BENDA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN TAMAN BARU 2

Penelitian ini membahas mengenai proses pembelajaraan yang terdapat di Sekolah Dasar. Penerapan metode yang dilakukan oleh guru yaitu menggunakan metode ceramah dalam menjelaskan suatu materi guru hanya menggunakan alat bantu buku paket tidak dibantu dengan metode dan media lain. Aktivitas siswa cen...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: alawiah, siti (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-06-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/22986/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini membahas mengenai proses pembelajaraan yang terdapat di Sekolah Dasar. Penerapan metode yang dilakukan oleh guru yaitu menggunakan metode ceramah dalam menjelaskan suatu materi guru hanya menggunakan alat bantu buku paket tidak dibantu dengan metode dan media lain. Aktivitas siswa cenderung pasif pada saat pembelajaran berlangsung karena mereka tidak diikut sertakan, mereka hanyamendengarkan guru ketika menjelaskan. Pemahaman siswa pun mengenai pembelajaran IPA pada konsep perubahan wujud benda masih kurang baik.Oleh karena itu peneliti ingin meneliti mengenai penggunaan metode eksperimen dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelasyang dilaksanakan sebanyak tiga siklus dan meliputi empat tahapan yakni kegiatan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN Taman Baru 2. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan dengan perolehan presentase pada siklus I 50%, siklus II 70% dan siklus III 90% begitu juga dengan aktivitas siswa terdapat peningkatan di setiap siklusnya. Penelitian pada siklus I memperoleh presentase 40%, siklus II 70 %, dan siklus III 90%, selain aktivitas siswa pemahaman siswa juga meningkat disetiap siklusnya siklus I siswa yang memahami sepenuhnya sebanyak 9 siswa, siklus II 16 siswa, siklus III sebanyak 24 siswa. Hal tersebut menunjukan bahwa penggunaan metode eksperimen pada konsep perubahan wujud benda dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran.
Item Description:http://repository.upi.edu/22986/1/S_KDSERANG_IPA_1205061_Title.pdf
http://repository.upi.edu/22986/2/S_KDSERANG_IPA_1205061_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/22986/3/S_KDSERANG_IPA_1205061_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/22986/4/S_KDSERANG_IPA_1205061_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/22986/5/S_KDSERANG_IPA_1205061_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/22986/6/S_KDSERANG_IPA_1205061_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/22986/7/S_KDSERANG_IPA_1205061_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/22986/8/S_KDSERANG_IPA_1205061_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/22986/9/S_KDSERANG_IPA_1205061_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/22986/10/S_KDSERANG_IPA_1205061_Appendix.pdf