KORAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH: (Penelitian Tindakan Kelas dikelas VIII K SMPN 4 Cimahi)

Penelitian ini berjudul koran sebagai sumber belajar IPS untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam memecahkan masalah melalui strategi pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan siswa SMPN 4 Cimahi kelas VIII K dalam memecahkan masalah. Hal itu terlihat d...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Handani, Ivan (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2015-06-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2321/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05240 am a22003253u 4500
001 repoupi_23021
042 |a dc 
100 1 0 |a Handani, Ivan  |e author 
245 0 0 |a KORAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH: (Penelitian Tindakan Kelas dikelas VIII K SMPN 4 Cimahi) 
260 |c 2015-06-25. 
500 |a http://repository.upi.edu/23021/1/S_IPS_1002971_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23021/2/S_IPS_1002971_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23021/3/S_IPS_1002971_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23021/4/S_IPS_1002971_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23021/5/S_IPS_1002971_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23021/6/S_IPS_1002971_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23021/7/S_IPS_1002971_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23021/8/S_IPS_1002971_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23021/9/S_IPS_1002971_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23021/10/S_IPS_1002971_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini berjudul koran sebagai sumber belajar IPS untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam memecahkan masalah melalui strategi pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan siswa SMPN 4 Cimahi kelas VIII K dalam memecahkan masalah. Hal itu terlihat dari kurangnya kepekaan siswa terhadap masalah yang ada dilingkungan sekolah, siswa kesulitan dalam memberikan contoh permasalahan yang berkaitan dengan materi pelajaran, serta kesulitan dalam merumuskan pertanyaan sederhana. Tujuan dari peneliti ini yaitu untuk: 1. Mengetahui gambaran bagaimana cara guru mendesain strategi pembelajaran berbasis masalah dengan memanfaatkan koran sebagai sumber belajar IPS untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam memecahkan masalah di kelas VIII K SMPN 4 Cimahi, 2. Memperoleh gambaran mengenai cara guru melaksanakan pembelajaraan berbasis masalah dengan memanfaatkan koran sebagai sumber belajar IPS untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam memecahkan masalah di kelas VIII K SMPN 4 Cimahi, 3. Untuk menjelaskan solusi yang diambil guru dalam mengatasi kendala yang dihadapi saat melaksanakan pembelajaran berbasis masalah dengan memanfaatkan koran sebagai sumber belajar IPS dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam memecahkan masalah di kelas VIII K SMPN 4 Cimahi. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah dengan memanfaatkan koran sebagai sumber belajar IPS. Setelah dilakukan penelitian selama empat siklus diperoleh hasil peningkatan keterampilan siswa dalam memecahkan masalah yang ditandai meningkatnya kepekaan siswa terhadap masalah yang ada dilingkungan sekolah maupun lingkungan tempat tinggalnya, mampu merumuskan pertanyaan sederhana, memberikan contoh permasalahan yang berkaitan dengan materi serta mampu memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan yang didiskusikan. Kata kunci: Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah, Keterampilan Memecahkan Masalah This research titled newspapers as a source of social studies to improve students' skills in problem solving through problem-based learning strategies. The background of this research is low skills students in problems solving at class VIII K SMPN 4 Cimahi.This is evident from the lack of sensitivity of students to the problems that exist within the school, students difficult to providing examples of problems related to the subject matter, as well as they can't formulating a simple question. The purpose of this research is to: 1. Knowing how teachers designing illustration problem-based learning strategies by utilizing the newspaper as a source of social studies to improve students' skills in problem solving at class VIII K SMPN 4 Cimahi, 2. Obtain an overview of how teachers implement pembelajaraan based problems by using newspapers as a source of social studies to improve students' skills in solving problems in class VIII SMPN 4 Cimahi K, 3. To explain the solution by the teacher when overcoming obstacles encountered when implementing problem-based learning by making use of newspapers as a source of social studies to improve students' skills in problems solving at class VIII K SMPN 4 Cimahi.This classroom action research using problem-based learning strategies by utilizing the newspaper as a source of social studies.After doing research of four cycles, researcher gain the result that students' skills in problems solving is increase, its viewed by increasing sensitivity of students to the problems that exist within the school or neighborhood, is able to formulate a simple question, give examples of the problems related to the material and be able to provide solutions to the problems discussed. Keywords: Problem Based Learning Strategy, Problem Solving Skills. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB1501 Primary Education 
690 |a Q Science (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/23021/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/2321/