PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN RESIPROKAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA JEPANG : Studi Eksperimen Murni terhadap Mahasiswa Jurusan Bahasa Jepang Tingkat II

Penelitian ini merupakan penelitian mengenai penggunaan strategi pembelajaran resiprokal dalam pembelajaran membaca pemahaman bahasa Jepang. Beberapa penelitian terdahulu menyebutkan strategi resiprokal terbukti efektif dalam pembelajaran membaca pemahaman. Strategi resiprokal adalah strategi dimana...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Syarani, Rosi Novisa (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-01-15.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2364/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03396 am a22003253u 4500
001 repoupi_23064
042 |a dc 
100 1 0 |a Syarani, Rosi Novisa  |e author 
245 0 0 |a PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN RESIPROKAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA JEPANG : Studi Eksperimen Murni terhadap Mahasiswa Jurusan Bahasa Jepang Tingkat II 
260 |c 2016-01-15. 
500 |a http://repository.upi.edu/23064/1/S_JEP_1302742_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23064/2/S_JEP_1302742_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23064/3/S_JEP_1302742_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23064/4/S_JEP_1302742_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23064/5/S_JEP_1302742_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23064/6/S_JEP_1302742_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23064/7/S_JEP_1302742_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23064/8/S_JEP_1302742_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23064/9/S_JEP_1302742_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23064/10/S_JEP_1302742_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini merupakan penelitian mengenai penggunaan strategi pembelajaran resiprokal dalam pembelajaran membaca pemahaman bahasa Jepang. Beberapa penelitian terdahulu menyebutkan strategi resiprokal terbukti efektif dalam pembelajaran membaca pemahaman. Strategi resiprokal adalah strategi dimana peserta didik diberikan demonstrasi bagaimana cara meringkas, bertanya, klarifikasi, dan prediksi yang dapat digunakan untuk memahami sebuah bacaan. Analisis data menunjukan bahwa nilai posttest kelas eksperimen dan kontrol mempunyai perbedaan yang signifikan. Berdasarkan analisis data angket diketahui bahwa penggunaan strategi resiprokal dalam pembelajaran dokkai dianggap lebih memudahkan dalam pemahaman isi wacana, karena memberikan banyak kesempatan diskusi dengan rekan satu kelas atau dengan pengajar. Tidak hanya itu, penggunaan strategi ini dianggap dapat meningkatkan minat pembelajar dalam pembelajaran dokkai. Kata kunci : Resiprokal, Strategi Pembelajaran, Membaca Pemahaman Bahasa Jepang The present research is the use of reciprocal teaching strategy for Japanese reading comprehension research. Many results of previous researches indicated reciprocal strategy is strategy that gave demonstration to students how to summarizing, generating question, clarifying, and predicting which is used for reading comprehension. Data analysis showed posttest results from experimental class and control class have significant difference. Questionnaire analysis showed the used of reciprocal strategy for dokkai learning was considered success to made reading comprehension easier, because this steategy gave many chance to sudents for discussion between classmates, or students with teacher. Futhermore, the use of reciprocal strategy could increased student's interest for dokkai learning. Keyword : Reciprocal, Teaching Strategy, Japanese Reading Comprehension 
546 |a en 
690 |a LB Theory and practice of education 
690 |a LB2300 Higher Education 
690 |a PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/23064/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/2364/