PROFIL MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS KHUSUS DI SMA PGII 1 BANDUNG:(Penelitian terhadap Siswa Kelas Khusus di SMA PGII 1 Bandung Tahun Pelajaran 2014/2015)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil motivasi berprestasi pada siswa kelas khusus dan implikasikannya terhadap layanan bimbingan konseling. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi adalah siswa kelas khusus SMA PGII 1 Bandung tahun pelajaran 2...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Puji, Langgeng Wening (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-01-27.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/2395/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil motivasi berprestasi pada siswa kelas khusus dan implikasikannya terhadap layanan bimbingan konseling. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi adalah siswa kelas khusus SMA PGII 1 Bandung tahun pelajaran 2014/2015. Metode pengambilan sampel dilakukan secara insidental dengan jumlah sampel sebanyak 131 dari 164 siswa. Hasil penelitian menunjukan 1) Secara umum motivasi berprestasi siswa berada pada kategori sedang yang artinya siswa cukup memiliki motivasi dalam mencapai prestasi belajar. 2) Layanan bimbingan dan konseling dibuat berdasarkan tingkat pencapaian motivasi berprestasi pada siswa kelas khusus. Rekomendasi dari penelitian ini adalah : 1) Bagi guru BK dapat menggunakan layanan bimbingan konseling yang dibuat oleh peneliti menjadi dasar acuan pembuatan program bimbingan konseling di sekolah 2) Bagi peneliti ini bisa menjadi dasar penelitian untuk mencari faktor lain yang mempengaruhi motivasi berprestasi siswa kelas khusus. Kata Kunci : Motivasi Berprestasi, Siswa Kelas Khusus This study aimed to describe the profile of achievement motivation in students special classes and implications for counseling services. The study uses a quantitative approach with descriptive methods. The population is a special class of high school students Bandung PGII 1 academic year 2014/2015. The sampling method performed incidental to the total sample of 131 of the 164 students. The results showed 1) Generally speaking student achievement motivation in middle category, which means students have enough motivation in learning achievement. 2) guidance and counseling services are based on the achievement level of achievement motivation in students special classes. Recommendations from this study are: 1) For BK teachers can use the services of counseling made by researchers are the basis of program development guidance and counseling in schools 2) For the researchers this could be the basis of research to look for other factors that affect student achievement motivation special class.
Item Description:http://repository.upi.edu/23095/1/S_PPB_1001465_Title.pdf
http://repository.upi.edu/23095/2/S_PPB_1001465_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/23095/3/S_PPB_1001465_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/23095/4/S_PPB_1001465_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/23095/5/S_PPB_1001465_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/23095/6/S_PPB_1001465_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/23095/7/S_PPB_1001465_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/23095/8/S_PPB_1001465_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/23095/9/S_PPB_1001465_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/23095/10/S_PPB_1001465_Appendix.pdf