PENGARUH MODERNITAS INDIVIDU, LINGKUNGAN SOSIAL, DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP GAYA HIDUP DAN IMPLIKASINYA PADA PERILAKU KONSUMSI SISWA:(Studi pada siswa SMK Bidang Studi Keahlian Bisnis dan Manajemen Terakreditasi A di Kota Bandung)

Entin Jumantini, 2015. Pengaruh Modernitas Individu, Lingkungan Sosial, dan Literasi Ekonomi terhadap Gaya Hidup dan Implikasinya pada Perilaku Konsumsi Siswa (Studi pada Siswa SMK Bidang Studi Keahlian Bisnis dan Manajemen di Kota Bandung). Disertasi, Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosia...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Jumantini, Entin (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-01-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/23154/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Entin Jumantini, 2015. Pengaruh Modernitas Individu, Lingkungan Sosial, dan Literasi Ekonomi terhadap Gaya Hidup dan Implikasinya pada Perilaku Konsumsi Siswa (Studi pada Siswa SMK Bidang Studi Keahlian Bisnis dan Manajemen di Kota Bandung). Disertasi, Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. Promotor: Prof. Dr. Hj. Tjutju Yuniarsih, S.E, M.Pd. Ko-Promotor: Prof. Dr. H. Disman, M.S. Anggota: Dr. H. Edi Suryadi, M.Si. Penelitian ini bertujan untuk mempelajari, mengukur, dan menganalisis pengaruh modernitas individu, lingkungan sosial, dan literasi ekonomi terhadap gaya hidup dan Implikasinya pada perilaku konsumsi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model persamaan structural atau Structural Equation Modelling (SEM) . Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah populasi sasaran yaitu siswa pada 12 SMK Bisnis dan Manajemen yang terakreditasi A di Kota Bandung. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Taro Yamane. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik proportionale random sampling untuk menentukan jumlah siswa yang menjadi sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modernitas individu dan lingkungan sosial berpengaruh positif terhadap gaya hidup, sedangkan literasi ekonomi tidak berpengaruh terhadap gaya hidup. Modernitas individu dan lingkungan sosial berpengaruh terhadap perilaku konsumsi siawa baik secara langsung maupun tidak langsung, sedangkan literasi ekonomi dan gaya hidup berpengaruh secara langsung terhadap perilaku konsumsi siswa. Kesimpulannya bahwa tinggi rendahnya perilaku konsumsi siswa dipengaruhi oleh modernitas individu, lingkungan sosial, literasi ekonomi, dan gaya hidup. Kata Kunci: Modernitas Individu, Lingkungan Sosial, Literasi Ekonomi, Gaya Hidup, Perilaku Konsumsi Entin Jumantini, 2016. The Influences of Individual Modernity, Social Environment, and Economic Literacy on Lifestyle and Their Implications on Students' Consumptive Behavior ( A Study of Vocational High School Students of Business and Management Field of Study in Bandung City). Dissertation, Social Sciences Education Study Program, School of Post-Graduate Studies, Indonesia University of Education. Promoter: Prof. Dr. Hj. Tjutju Yuniarsih, S.E, M.Pd.; Co-Promoter: Prof. Dr. H. Disman, MS.; Member: Dr. H. Edi Suryadi, M.Si. The research aims to study, measure, and analiyze the influences of individual modernity, social environment, and economic literacy on lifestyle and their implications on students'consumptive behavior. It adopted quantitative approach with survey method, while data analysis employed the Structural Equation Modelling (SEM). Data were collected with the instrument of questionnaire. The research population consisted of students from 12 Business and Management Vocational High Schools accredited A in Bandung. The number of sample was determined using Taro Yamane equation, employing the technique of proportionate random sampling. Research result show that individual modernity and social environment had positive influences on lifestyle, while economic literacy had no influence on lifestyle. Individual modernity and social environment had influences on students'consumptive behaviors, both directly and indirectly; meanwhile, economic literacy and lifestyle directly influenced students' consumptive behavior. It is concluded that the levels of students' consumptive behavior are influenced by individual modernity, social environment, economic literacy, and lifestyle. Keyword: Individual Modernity, Social Environment, Economic Literacy, Lifestyle, Consumptive Behavior
Item Description:http://repository.upi.edu/23154/1/D_IPS_1102572_Title.pdf
http://repository.upi.edu/23154/2/D_IPS_1102572_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/23154/3/D_IPS_1102572_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/23154/4/D_IPS_1102572_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/23154/5/D_IPS_1102572_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/23154/6/D_IPS_1102572_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/23154/7/D_IPS_1102572_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/23154/8/D_IPS_1102572_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/23154/9/D_IPS_1102572_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/23154/10/D_IPS_1102572_Appendix.pdf