PENGARUH KELOMPOK TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMAN 6 BANDUNG : Studi Deskriptif terhadap siswa kelas XI IIS di SMAN 6 Bandung

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kelompok Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 6 Bandung sehingga diharapkan dapat memberikan informasi bagi sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, memberikan motivasi kepada siswa dengan pendekatan yang tepat, dan s...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Agustiani, Kamila (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-01-26.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/23166/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kelompok Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 6 Bandung sehingga diharapkan dapat memberikan informasi bagi sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, memberikan motivasi kepada siswa dengan pendekatan yang tepat, dan saling memotivasi sesama siswa dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS SMA Negeri 6 Bandung sebanyak 64 siswa dengan menggunakan teknik sampling jenuh maka sampel dalam penelitian ini adalah sebesar populasinya. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini metode regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa interaksi siswa dengan kelompok teman sebaya, teman dalam belajar, intensitas pertemanan, sikap tolong menolong yang dilakukan para siswa di SMA Negeri 6 Bandung sudah baik, kecenderungan motivasi belajar yang terjadi pada kelompok teman sebaya adalah sebesar 68.61% dan dapat dikategorikan baik. Kelompok Teman Sebaya memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Motivasi Belajar siswa Di SMA Negeri 6 Bandung dan memiliki hubungan positif sebesar 59.8%. Hal ini berarti bahwa kelompok teman sebaya yang baik berdampak positif dan signifikan pada peningkatan Motivasi Belajar siswa Di SMA Negeri 6 Bandung sebaliknya jika kelompok teman sebaya semakin tidak baik maka Motivasi Belajar siswa Di SMA Negeri 6 Bandung akan mengalami penurunan. Kata Kunci : kelompok teman sebaya, motivasi belajar, analisis regresi linier sederhana This study aims to determine the Peer Group Influence Students' Learning Motivation in SMAN 6 Bandung is expected to provide information for schools in increasing student motivation, providing motivation to students with the right approach, and mutually motivate fellow students in learning. The method used in this research is descriptive and verification with quantitative approach. The population in this study were students of class XI SMA IIS 6 Bandung 64 students by using sampling techniques saturate the sample in this study amounted population. The statistical test used in this study simple linear regression method. The results showed that students' interaction with a group of peers, friends in the study, the intensity of the friendship, the attitude of helping committed students at SMAN 6 Bandung is good, the tendency of the motivation to learn in a group of peers is equal to 68.61% and can be categorized as either , Peer groups have a significant influence on learning motivation of students at SMAN 6 Bandung and has a positive correlation of 59.8%. This means that the peer groups that either positive and significant impact on improving student learning motivation SMAN 6 Bandung On the contrary if the peer group is getting no better then the motivation to learn students at SMAN 6 Bandung will decline. Keywords: peer groups, motivation to learn, simple linear regression analysis
Item Description:http://repository.upi.edu/23166/1/S_SOS_1100129_Title.pdf
http://repository.upi.edu/23166/2/S_SOS_1100129_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/23166/3/S_SOS_1100129_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/23166/4/S_SOS_1100129_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/23166/5/S_SOS_1100129_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/23166/6/S_SOS_1100129_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/23166/7/S_SOS_1100129_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/23166/8/S_SOS_1100129_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/23166/9/S_SOS_1100129_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/23166/10/S_SOS_1100129_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/23166/11/S_SOS_1100129_Appendix2.pdf