PENGEMBANGAN KETERAMPILAN KERJA SAMA SISWA MELAUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DALAM PEMBELAJARAN IPS : Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas VIII-2 SMPN 1 Bandung

Berdasarkan hasil observasi dan pra penelitian yang dilakukan oleh peneliti pada beberapa kali pertemuan, peneliti melihat kurangnya keterampilan kerja sama dalam pembelajaran IPS. Ketika dibagi kelompok masih banyak siswa yang ingin memilih sendiri kelompoknya, siswa saling mengandalkan satu sama l...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Az Zahra, Septiani (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-06-27.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/23189/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04542 am a22003613u 4500
001 repoupi_23189
042 |a dc 
100 1 0 |a Az Zahra, Septiani  |e author 
245 0 0 |a PENGEMBANGAN KETERAMPILAN KERJA SAMA SISWA MELAUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DALAM PEMBELAJARAN IPS : Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas VIII-2 SMPN 1 Bandung 
260 |c 2016-06-27. 
500 |a http://repository.upi.edu/23189/1/S_PSIPS_1202865_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23189/2/S_PSIPS_1202865_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23189/3/S_PSIPS_1202865_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23189/4/S_PSIPS_1202865_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23189/5/S_PSIPS_1202865_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23189/6/S_PSIPS_1202865_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23189/7/S_PSIPS_1202865_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23189/8/S_PSIPS_1202865_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23189/9/S_PSIPS_1202865_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23189/10/S_PSIPS_1202865_Appendix1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23189/11/S_PSIPS_1202865_Appendix2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23189/12/S_PSIPS_1202865_Appendix3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23189/13/S_PSIPS_1202865_Appendix4.pdf 
520 |a Berdasarkan hasil observasi dan pra penelitian yang dilakukan oleh peneliti pada beberapa kali pertemuan, peneliti melihat kurangnya keterampilan kerja sama dalam pembelajaran IPS. Ketika dibagi kelompok masih banyak siswa yang ingin memilih sendiri kelompoknya, siswa saling mengandalkan satu sama lain ketika mengerjakan tugas, pada saat presentasi masih banyak siswa yang tidak memperhatikan bahkan menertawakan temannya. Alternatif pemecahan masalah yang dipilih adalah dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray. Meninjau permasalahan yang akan diteliti berkaitan dengan proses pembelajaran, maka peneliti memilih Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus Kemmis & Taggart dalam 4 kali tindakan dengan 4 kali siklus. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dalam rangka mengembangkan keterampilan kerja sama siswa dapat dikatakan berhasil. Adapun pengembangan keterampilan kerja sama siswa dapat dilihat dari perkembangan aspek-aspek yang menjadi indikator keterampilan kerja sama siswa. Seluruh aspek ini mengalami perkembangan dari siklus I sampai dengan siklus IV, dari yang awalnya kualitas kurang, cukup kemudian mengalami peningkatan menjadi baik. Namun untuk indikator yang paling berhasil adalah indikator menggunakan kesepakatan. Kesimpulannya, penerapan pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dapat mengembangkan keterampilan kerja sama siswa dalam pembelajaran IPS. Hal ini dapat dibuktikan dari peningkatan kualitas dan kuantitas siswa pada indikator kerja sama. Kata Kunci : Kerja sama, pembelajaran kooperatif, two stay two stray, Pembelajaran IPS. Based on observation and pre-research held in several distinctive times, I identified the lack of teamwork in social science learning process. As example, when they divided to be in groups, many students want to choose the team by their self, depending each other, and less respect each other. The alternative problem solving used was by implementing two stay two stray cooperative learning method. Class Action Research used by Kemmis & Taggart method with 4 actions and 4 cycle. The method, using two stay two stray to increase the cooperation in the class is worked. As collaboration skill development could be asses by the rate of teamwork aspects which indicate teamwork itself. All those aspects developed from cycle I to cycle IV, from bad quality, enough than good. The conclusion is, implementing two stay two stray cooperative learning method can increase student's teamwork skill in social science learning process. It could be proved by the improvement of quantity and quality of student's teamwork indicators. Keywords: Teamwork, cooperative learning, two stay to stray, social science learning process. 
546 |a en 
690 |a H Social Sciences (General) 
690 |a LB Theory and practice of education 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/23189/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/23189/