HUBUNGAN PROGRAM DUTA PERPUSTAKAAN DENGAN PEMANFAATAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN SMPN 15 BANDUNG

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa mengenai fungsi dan manfaat perpustakaan, minat baca siswa yang belum menyeluruh sehingga berdampak pada pemanfaatan koleksi perpustakaan. Masalah yang menjadi kajian dalam penelitian ini difokuskan pada hubungan duta perpustakaan dengan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Intensani, Raisya (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-06-23.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/23246/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05226 am a22003133u 4500
001 repoupi_23246
042 |a dc 
100 1 0 |a Intensani, Raisya  |e author 
245 0 0 |a HUBUNGAN PROGRAM DUTA PERPUSTAKAAN DENGAN PEMANFAATAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN SMPN 15 BANDUNG 
260 |c 2016-06-23. 
500 |a http://repository.upi.edu/23246/1/S_PSPI_1202786_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23246/2/S_PSPI_1202786_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23246/4/S_PSPI_1202786_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23246/3/S_PSPI_1202786_Chapter%201.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23246/5/S_PSPI_1202786_Chapter%202.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23246/6/S_PSPI_1202786_Chapter%203.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23246/7/S_PSPI_1202786_Chapter%204.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23246/8/S_PSPI_1202786_Chapter%205.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23246/9/S_PSPI_1202786_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23246/10/S_PSPI_1202786_Appendix1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23246/11/S_PSPI_1202786_Appendix2.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa mengenai fungsi dan manfaat perpustakaan, minat baca siswa yang belum menyeluruh sehingga berdampak pada pemanfaatan koleksi perpustakaan. Masalah yang menjadi kajian dalam penelitian ini difokuskan pada hubungan duta perpustakaan dengan pemanfaatan koleksi perpustakaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) hubungan program duta perpustakaan dengan pemanfaatan koleksi perpustakaan SMP Negeri 15 Bandung, 2) pelaksanaan program duta perpustakaan di SMP Negeri 15 Bandung, 3) pemanfaatan koleksi di perpustakaan SMP Negeri 15 Bandung. Metode yang digunakan adalah metode deksriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 15 Bandung, dengan sampel sebanyak 87 orang yang dihitung berdasarkan rumus Slovin dengan metode stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup dengan skala Likert dengan analisis data menggunakan analisis deskriptif asosiatif. Untuk mengetahui hubungan duta perpustakaan dengan pemanfaatan koleksi perpustakaan digunakan rumus Pearson product moment. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa duta perpustakaan dengan pemanfaatan koleksi perpustakaan memiliki hubungan dengan kategori sedang sebesar 0,586, secara garis besar pelaksanaan duta perpustakaan tergolong pada kategori baik, pemanfaatan koleksi perpustakaan termasuk kedalam kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa duta perpustakaan memiliki hubungan sedang dengan pemanfaatan koleksi perpustakaan. Rekomendasi pada penelitian ini adalah program kegiatan duta perpustakaan harus lebih dtingkatkan agar duta perpustakaan dapat lebih berperan aktif dalam membantu dan mempromosikan perpustakaan. Kata Kunci: Hubungan, Duta Perpustakaan, Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan The background of this research is the lack of students understanding about the functions and benefits of library, not all students have interest in reading so this have an impact on the use of the library collection. The problem in this research is focused on the relation of library ambassador with utilization of library collections. The purpose of this study was: 1) To determine the relationship of the ambassador program with the use of the library collections of 15 Junior High School Bandung, 2) To investigate the implementation of the library ambassador program in 15 Junior High School Bandung, to examine the use of the library collection of 15 Junior High School Bandung. The method used is descriptive correlational method with quantitative approach. The populations in this study were students of class VII and VIII 15 Junior High School Bandung, with a sample of 87 people which is calculated based on the Slovin formula with stratified random sampling method. The data collection technique used a closed questionnaire using Likert scale with data analysis using descriptive analysis associative. Pearson product moment formula is used to determine the relationship of ambassador to the utilization of the libraries collections. Based on the results of data analysis, it can be seen that the library ambassador have a relation with the use of the library collections with category amounted to 0.586, an outline of the implementation of the ambassador of the library belong to both categories, the use of the collections included in high category. It can be concluded that the library ambassador has an average relation with the use of the library collection. Recommendation of this study is that the library ambassador program should be promoted in order to be able to help in promoting the library. Keywords: Friends of Library, Library Ambassador, Utilization of Library Collections 
546 |a en 
690 |a Z665 Library Science. Information Science 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/23246/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/23246/