PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN BILAH PENJUMLAHAN TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN 1-20 PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS IX DI SLB - C SUMBERSARI BANDUNG

Cara-cara berhitung yang umum, seperti menggunakan bantuan jari tangan atau batang lidi, belum memberikan hasil yang maksimal bagi siswa tunagrahita ringan. Penggunaan media papan bilah penjumlahan diharapkan bisa memberikan pengaruh dalam meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan bagi siswa tuna...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Soniawati, Nia (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-01-26.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/23258/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02863 am a22003013u 4500
001 repoupi_23258
042 |a dc 
100 1 0 |a Soniawati, Nia  |e author 
245 0 0 |a PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN BILAH PENJUMLAHAN TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN 1-20 PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS IX DI SLB - C SUMBERSARI BANDUNG 
260 |c 2016-01-26. 
500 |a http://repository.upi.edu/23258/1/S_PKH_1106671_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23258/2/S_PKH_1106671_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23258/3/S_PKH_1106671_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23258/4/S_PKH_1106671_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23258/5/S_PKH_1106671_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23258/6/S_PKH_1106671_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23258/7/S_PKH_1106671_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23258/8/S_PKH_1106671_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23258/9/S_PKH_1106671_Bibliography.pdf 
520 |a Cara-cara berhitung yang umum, seperti menggunakan bantuan jari tangan atau batang lidi, belum memberikan hasil yang maksimal bagi siswa tunagrahita ringan. Penggunaan media papan bilah penjumlahan diharapkan bisa memberikan pengaruh dalam meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan bagi siswa tunagrahita ringan. Kelebihan dari media ini adalah visualisasi bilangan yang mudah dikenal saat memahami dan menjawab soal, mudah dibuat, bahannya murah dan mudah didapatkan, serta tidak membahayakan penggunanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain penelitian subjek tunggal (single subject research), dengan desain A-B-A. Desain A-B-A ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap baseline-1 (A-1), tahap intervensi (B), dan tahap baseline-2 (A-2). Pada Baseline 1, dari 4 sesi yang diberikan, didapatkan mean level sebesar 1,25 (skala 1 - 10). Saat diberikan intervensi (B) dengan menggunakan media papan bilah penjumlahan, dicapai sekor tertinggi 10 dengan mean level 9,33. Pada Baseline 2 diperoleh mean level sebesar 7,00. Dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa media papan bilah penjumlahan bisa meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan pada subyek penelitian. Oleh karena itu, disarankan bagi para praktisi pendidikan anak tunagrahita ringan untuk mencoba menggunakan media ini sebagai salah satu alternatif dalam mengajarkan keterampilan berhitung penjumlahan bagi para siswanya. Kata Kunci : Papan Bilah, Penjumlahan 1-20, Tunagrahita 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LC Special aspects of education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/23258/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/23258/