PENERAPAN METODE ACTIVE LEARNING MODEL CARD SORT DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG:(PENELITIAN EKSPERIMEN TERHADAP SISWA KELAS XI SMA ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA TAHUN PELAJARAN 2014/2015)

Dalam penelitian ini, dengan menggunakan metode active learning model card sort peneliti ingin mengetahui kemampuan kosakata pembelajar baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Hasil dari penelitian ini terdapat perbedaan yang sangat signifikan kemampuan penguasaan kosakata bahasa Jepang pada sis...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Riani, Rosalina Wahyu (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-03-30.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/23313/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Dalam penelitian ini, dengan menggunakan metode active learning model card sort peneliti ingin mengetahui kemampuan kosakata pembelajar baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Hasil dari penelitian ini terdapat perbedaan yang sangat signifikan kemampuan penguasaan kosakata bahasa Jepang pada siswa kelas eksperimen yang diterapkan metode active learning model card sort dan siswa kelas kontrol yang diterapkan metode eklektik. Kemampuan kosakata bahasa Jepang pada pembelajar kelas eksperimen yang diterapkan metode active learning model card sort lebih baik daripada pembelajar kelas kontrol yang diterapkan metode eklektik dalam pembelajaran bahasa Jepang. Berdasarkan hasil analisis angket diperoleh pendapat siswa bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan metode active learning model card sort dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang sangat baik dan diterima dengan positif. Selain itu, pembelajaran dengan metode active learning model card sort tersebut menarik, tidak membosankan, mudah bekerjasama dan membuat suasana kelas menjadi lebih kondusif. Kata kunci : metode pembelajaran, active learning, card sort. By using the card sort model of active learning method researcher want to know the ability of learner vocabulary in experiment class and control class. The result of this research is there is a significant difference in students' ability in mastering Japanese vocabulary in the experiment class which applies card sort model and control class which applies an eclectic method. The Japanese vocabulary learners in experiment class who apply card sort model better than learners in control class who apply an eclectic method. Based on the questionnaire of analysis, learner opinion, it shows that learning by using the card sort model in learning Japanese vocabulary is very well and receives positively. In addition, learning with the card sort model is interesting, not boring, easily works together in class and the class is more conducive. Keywords: Learning method, active learning, the card sort. 本研究では、「card sortモデルのアクティブラーニング」メッソドを通して、実験用のグループ及び管制用のグループの語彙習得の能力を明らかにしたい。.本研究の結果として、日本語の教授において「card sortモデルのアクティブラーニング」メッソドを応用したクラスの事後テストは「折衷法」メッソドを応用したクラスのと有意差が見られると明らかになった。「card sortモデルのアクティブラーニング」メッソドを応用した実験用のグループの学習者の語彙習得力は「折衷法」メッソドを応用した管制用のグループの学習者のごい習得より高いと認められた。アンケートの結果は日本語の教授における「card sortモデルのアクティブラーニング」メッソドの使用に関する学習者の対応や意見を表し、学習者が「card sortモデルのアクティブラーニング」メッソドに対してよいと対応した。これは「card sortモデルのアクティブラーニング」メッソドで学習すれば教授がよりおもしろい、飽きない、グループ活動が簡単にできるうえ、教室の雰囲気が学習に快適になるという学習者の対応から分かった。 キーワード : 教授法、アクティブラーニング、card sort
Item Description:http://repository.upi.edu/23313/1/T_B.JPN_1303325_Title.pdf
http://repository.upi.edu/23313/2/T_B.JPN_1303325_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/23313/3/T_B.JPN_1303325_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/23313/4/T_B.JPN_1303325_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/23313/5/T_B.JPN_1303325_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/23313/6/T_B.JPN_1303325_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/23313/7/T_B.JPN_1303325_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/23313/8/T_B.JPN_1303325_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/23313/9/T_B.JPN_1303325_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/23313/10/T_B.JPN_1303325_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/23313/11/T_B.JPN_1303325_Appendix2.pdf
http://repository.upi.edu/23313/12/T_B.JPN_1303325_Appendix3.pdf