PENERAPAN METODE STIMULUS RESPONSE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS TENTANG LINGKUNGAN ALAM SEKITAR

Penelitian ini didasari oleh permasalahan-permasalahan yang terjadi pada pembelajaran di kelas III SDN Kubang Lesung. Diketahui bahwa kelamahan yang terjadi dalam setiap pembelajaran dapat muncul, untuk itu penerapan konsep yang tepat dapat meningkatkan hasil belajar. Serta memunculkan beragam hasil...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: warisman, eris (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-06-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/23323/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03482 am a22002893u 4500
001 repoupi_23323
042 |a dc 
100 1 0 |a warisman, eris  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN METODE STIMULUS RESPONSE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS TENTANG LINGKUNGAN ALAM SEKITAR 
260 |c 2016-06-28. 
500 |a http://repository.upi.edu/23323/1/S_KDSERANG_IPS_1204960_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23323/2/S_KDSERANG_IPS_1204960_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23323/3/S_KDSERANG_IPS_1204960_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23323/4/S_KDSERANG_IPS_1204960_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23323/5/S_KDSERANG_IPS_1204960_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23323/6/S_KDSERANG_IPS_1204960_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23323/7/S_KDSERANG_IPS_1204960_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23323/8/S_KDSERANG_IPS_1204960_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23323/9/S_KDSERANG_IPS_1204960_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/23323/10/S_KDSERANG_IPS_1204960_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini didasari oleh permasalahan-permasalahan yang terjadi pada pembelajaran di kelas III SDN Kubang Lesung. Diketahui bahwa kelamahan yang terjadi dalam setiap pembelajaran dapat muncul, untuk itu penerapan konsep yang tepat dapat meningkatkan hasil belajar. Serta memunculkan beragam hasil yang belajar yang menarik dan mengejutkan untuk peneliti sendiri. Padapembelajaran IPS tentang lingkungan alam sekitar dengan materi Lingkungan Alam dan Buatan dengan data yang telah valid serta telah dilaksanakan yaitu rata-rata nilai yang di dapat peserta didik pada prasiklus 58,2 dengan presentase ketuntasan KKM 40 % yang dapat diartikan hamper separuh dari kelas belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum. Data didapatkan setelah melakukan observasi, melakukan tes dan pengamatan. Oleh karena itu, penerapan konsep yang tepat dapat membantu mencapai hasil belajar yang maksimal. Penerapan Konsep Metode Stimulus Response Learning diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar dan perubahan Behavior sikap yang lebih baik. Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan, tujuan dari kegiatan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar dan juga meningkatkan aktivitas dari peserta didik dengan menggunakan penerapan metode Stimulus Response Lerning serta penelitian tindakan kelas di kelas III. Dengan mengadopsi dari PTK dari Kemmis dan McTeggart yang dlaksanakan di SDN Kubang Lesung Kecamatan Citangkil Kota Cilegon dengan jumlah total 35 peserta didik. Data yang diperoleh dalam kegiatan penelitian yang menunjukan Ketuntasan KKM dilakukan dalam beberapa siiklus yaitu siklus I, presentase hasil dari siklus I yang mencapai KKM 71,4 % dengannilai rata-rata 77,7 nilai tertinggi mencapai 100 dannilaiterendah 40. Lalupadasiklus II adanya peningkatan yaitu presentase KKM 88,5 % dengannilai rata-rata 81,1 nilai tertinggi mencapai 100 dan nilai terendah 60. Dengan adanya peningkatan dalam data tersebut menggunakan penerpan metode Stimulus Response Learning dapat disimpulkan bahwa metode ini berhasil meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar. 
546 |a en 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/23323/ 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/23323/