UPAYA MENGENALKAN BENTUK GEOMETRI MELALUI MEDIA LILIN MAINAN PADA ANAK USIA DINI DI TK KARTIKA SILIWANGI KOTA SERANG - BANTEN

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui media lilin mainan pada anak kelompok B di TK Kartika Siliwangi Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian tindakan ini adalah anak kelompok B...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: zaenudin as, muhammad (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2016-06-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/23337/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui media lilin mainan pada anak kelompok B di TK Kartika Siliwangi Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian tindakan ini adalah anak kelompok B di TK Kartika Siliwangi yang berjumlah 16 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara dan catatan lapangan. Analisis data dilaksanakan berdasarkan hasil observasi kegiatan pembelajaran maupun dari hasil tindakan yang telah dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri melalui media lilin mainan pada anak kelompok B di TK Kartika Siliwangi, bermula dari kondisi awal atau prasiklus terdapat 5 anak (31,25%) kategori tuntas, 11 anak (68,75%) kategori tidak tuntas. Pada siklus I mengalami peningkatan yaitu vii anak (56,25%) kategori tuntas, 7 anak (43,75%) kategori tidak tuntas. Kemudian dilanjutkan pada siklus II terdapat peningkatan yang memenuhi target yang diharapkan yaitu 14 anak (87,5%) kategori tuntas, 2 anak (12,5%) kategori tidak tuntas. Kesimpulannya bahwa penggunaan media lilin mainan yang disebut malam atau plastisin atau playdogh dapat meningkatkan pemahaman bentuk geometri pada anak usia dini di TK Kartika Siliwangi Kota Serang tahun ajaran 2015/2016.
Item Description:http://repository.upi.edu/23337/1/S_KDSERANG_PGPAUD_1205101_Title.pdf
http://repository.upi.edu/23337/2/S_KDSERANG_PGPAUD_1205101_ABSTRACT.pdf
http://repository.upi.edu/23337/3/S_KDSERANG_PGPAUD_1205101_Table_Of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/23337/4/S_KDSERANG_PGPAUD_1205101_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/23337/5/S_KDSERANG_PGPAUD_1205101_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/23337/6/S_KDSERANG_PGPAUD_1205101_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/23337/7/S_KDSERANG_PGPAUD_1205101_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/23337/8/S_KDSERANG_PGPAUD_1205101_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/23337/9/S_KDSERANG_PGPAUD_1205101_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/23337/10/S_KDSERANG_PGPAUD_1205101_Appendix.pdf